Keren! Kantin Kampus Ini Pasang Chip di Piring Untuk Membayar Makanan

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 07 Sep 2019 09:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kini transaksi pembayaran semakin mudah dengan kehadiran teknologi digital. Tak hanya lewat ponsel, kini piring pun bisa jadi alat transaksi makanan.

Transaksi pembayaran secara digital kini semakin populer dan diminati banyak orang. Selain lebih praktis, prosesnya pun jauh lebih cepat. Hal ini lah yang membuat salah satu universitas di Wuhan, Provinsi Hubei, China, menerapkan teknologi baru.

Baca Juga: Canggih! Piring Digital Ini Memuat Grafis yang Bikin Nafsu Makan Naik
Keren! Kantin Kampus Ini Pasang Chip di Piring Untuk Membayar MakananFoto: Istimewa

Dilansir dari Global Times (07/09), The Star Cafetaria merupakan kantin yang ada di Universitas Hubei. Baru-baru ini pihak kantin, memasang chip di bawah piring, dengan beberapa ukuran yang berbeda. Di mana chip ini bertujuan untuk mengetahui harga makanan yang harus dibayar oleh mahasiswa.

Hal ini ditunjukkan guna mengurangi antrian panjang yang menumpuk pada kasir, jelang makan siang. Dengan hadirnya chip di bawah piring ini, petugas kasir tak perlu lagi repot-repot menghitung harga makanan secara manual, karena semuanya akan tertera secara otomatis.

Contohnya, ketika mahasiswa membawa nampan berisi beberapa makanan yang wadahnya sudah ditempeli chip. Nantinya semua total harga makanan yang harus dibayarkan, akan tertera langsung. Sehingga mahasiswa bisa membayarnya menggunakan aplikasi pembayaran di ponsel mereka.
Keren! Kantin Kampus Ini Pasang Chip di Piring Untuk Membayar MakananFoto: Istimewa

Cara ini dinilai efektif untuk mengurai antrian panjang, sehingga mahasiswa bisa lebih cepat menikmati makanan mereka. Karena dengan chip ini, transaksi pembayaran bisa selesai dalam hitungan detik. Petugas kasir juga tidak perlu menghitung uang, atau menyiapkan uang kembalian.

Tentu saja hal ini mendapatkan respon yang positif dari para netizen. Banyak yang berkata bahwa ide menanamkan chip di bawah piring ini, merupakan ide yang bagus untuk diterapkan di restoran maupun tempat makan lainnya. Sementara itu banyak juga yang memuji Universitas Hubei, karena beradaptasi dengan teknologi baru.

Baca Juga: Tunjukkan Bon Palsu, Pria Ini Makan Gratis Puluhan Mangkuk Mie Setiap Bulan

Simak Video "Menjajal 'Fish & Chips' Rachel Vennya Bercita Rasa Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)