Tunjukkan Bon Palsu, Pria Ini Makan Gratis Puluhan Mangkuk Mie Setiap Bulan

Sonia Basoni - detikFood Senin, 07 Jan 2019 10:35 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak pelanggan nakal mengelabui penjual makanan. Salah satunya dengan menunjukkan bon digital palsu, agar bisa makan mie gratis selama berbulan-bulan.

Sebuah gerai mie di China Selatan akhirnya menyadari kebohongan salah satu pelanggannya. Setelah ia rutin membeli mie di sana selama berbulan-bulan, dengan menggunakan metode pembayaran digital.

Baca Juga: Tanpa Karyawan, Restoran di China Ini 100 Persen Dilayani Oleh Robot
Tunjukkan Bon Palsu, Pria Ini Makan Gratis Puluhan Mangkuk Mie Setiap BulanFoto: Istimewa
Selama ini pelanggan itu hanya menunjukkan screen shot atau foto layar di ponselnya, dengan menggunakan bukti pembayaran lama yang ia gunakan berulang-ulang. Dikabarkan Global Times (06/01), pemilik gerai mie itu menyadari bahwa pelanggan ini hanya membayar dua kali, selebihnya ia makan dengan gratis.

"Dia hanya membayar sebanyak dua kali selama dia makan di sini setiap harinya. Ia hanya menunjukkan bukti screen shot, dari pembayaran digitalnya," ungkap sang pemilik gerai yang terlihat sangat marah.

"Jika saya tidak menemukan hal ini, mungkin dia akan menipu saya selamanya," lanjut pemilik gerai mie yang berada di kota Chongqing ini.
Tunjukkan Bon Palsu, Pria Ini Makan Gratis Puluhan Mangkuk Mie Setiap BulanFoto: Istimewa
Setelah mengetahui kebohongan pelanggannya ini, sang pemilik yang marah beradu argumen dengannya. Sayangnya, sang pelanggan hanya memberikan respon dua jempol ke bawah sebelum menyelinap pergi dari sana.

Pihak polisi sempat menengahi perselisihan ini, dan memerintahkan pelanggan itu untuk membayar kerugian ke pemilik toko sebesar 800 yuan (Rp. 1.648.000,-). Hingga saat ini belum ada kabar apakah pelanggan ini membayar biaya kerugian tersebut.

"Dia kabur terlalu mudah. Seharusnya pelanggan itu di blokir di sistem kartu kredit, atau sosial kredit lainnya," tutur seorang netizen, setelah kabar ini menyebar luas di media China.
Tunjukkan Bon Palsu, Pria Ini Makan Gratis Puluhan Mangkuk Mie Setiap BulanFoto: Istimewa
Di China sendiri, dompet digital atau pembayaran menggunakan uang elektronik memang sedang tren. Tapi banyak laporan yang menunjukkan, bahwa dompet digital ini memiliki banyak kekurangan, salah satunya memudahkan orang untuk menipu.

Selain uang elektronik, di China kini banyak bermunculan kafe dan restoran yang memudahkan pengunjungnya, untuk memesan makanan hingga membayar lewat aplikasi ponsel. Salah satunya Hello Gorgi Cafe di Shanghai, yang memanjakan pengunjungnya dengan anjing Corgi imut dan aplikasi canggih.

Baca Juga: Gemas! Di Kafe Ini Bisa Pesan dan Bayar Makanan Lewat Anjing Corgi yang Imut (sob/odi)