Kantin Ini Berikan Diskon Bagi Mahasiswa yang Hafal Puisi China

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 10 Sep 2019 13:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sajak atau puisi klasik jadi bagian dari budaya dan sejarah di setiap negara. Sehingga tak heran, kantin ini berikan diskon spesial untuk mahasiswa yang hafal sajak klasik China.

Banyak cara untuk membuat generasi millennial lebih tertarik mempelajari sejarah, dan budaya klasik. Salah satunya dengan memberikan diskon makanan kepada mereka, apalagi generasi millennial ini dikenal lebih aktif jika berhubungan dengan makanan.

Baca Juga: Kisah Restoran di China yang Terpaksa Hilangkan Logo Halal
Kantin Ini Berikan Diskon Bagi Mahasiswa yang Hafal Puisi ChinaFoto: Istimewa

Hal ini lah yang dilakukan oleh kantin kampus di Henan Normal University di Xinxiang, Provinsi Henan, China. Mereka punya cara yang unik untuk menarik pengunjung, sekaligus membuat para mahasiswa lebih giat belajar dan menghafal tentang puisi-puisi klasik China.

Dikabarkan Global Times (09/09), antrian panjang terjadi di depan kantin kampus Henan ini. Banyak mahasiswa yang berlomba-lomba untuk menyebutkan puisi klasik yang mereka tahu.

Para mahasiswa ini bisa memilih, mulai puisi klasik hingga kalimat dari analek konfusius. Jika para mahasiswa ini bisa dengan benar menyebutkan lafal, dan setiap kata-kata puisi tersebut. Maka pihak kantin akan memberikan mereka kupon diskon sebesar 9 yuan (Rp 17,743), yang cukup untuk membeli satu porsi makanan enak di sana.
Kantin Ini Berikan Diskon Bagi Mahasiswa yang Hafal Puisi ChinaFoto: Istimewa

"Ini adalah hal yang mudah. Saya akan belajar lebih giat lagi, jika saya tahu bahwa pengetahuan ini bisa membuat saya mendapatkan makanan gratis di suatu hari," ungkap seorang mahasiswa yang ada di sana.

Sementara itu menurut pihak kantin, setidaknya ada 200-300 mahasiswa yang berpartisipasi dalam kuis ini. Meski begitu banyak juga mahasiswa dari jurusan lain yang mengeluh, karena tak semua jurusan memiliki kelas untuk mempelajari kebudayaan China klasik.
Kantin Ini Berikan Diskon Bagi Mahasiswa yang Hafal Puisi ChinaFoto: Istimewa

Kini kantin kampus Henan mendapatkan respon yang positif dari berbagai netizen. Menurut netizen, ini merupakan cara yang tepat dan menarik untuk mengenalkan kebudayaan China klasik, dengan memberikan diskon makanan kepada mahasiswa.

Sebelumnya, salah satu kantin kampus yang ada di China juga menarik perhatian dengan teknologi mereka. Pihak kantin memasang chip canggih, untuk memudahkan mahasiswa membayar makanan mereka.

Baca Juga: Keren! Kantin Kampus Ini Pasang Chip di Piring Untuk Membayar Makanan

Simak Video "Resto Ini Sajikan Masakan China Halal, Ada Mie Tarik Sapi Enak!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com