Wanita Ini Dilarikan ke RS Setelah Makan Banyak Wasabi yang Dikira Alpukat

Devi Setya - detikFood Rabu, 25 Sep 2019 13:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kejadian yang satu ini terdengar sepele namun tragis. Seorang wanita harus dibawa ke rumah sakit setelah terlalu banyak makan wasabi yang dikira alpukat.

Karena memiliki warna yang mirip, wanita asal Israel ini menyantap wasabi yang dikira alpukat tumbuk. Dilaporkan This Is Insider (25/9) wanita ini harus dilarikan ke rumah sakit karena menderita serangan jantung akibat wasabi yang terlalu banyak disantap.

Kejadian ini diketahui terjadi pada sebuah pesta pernikahan. Wanita yang tak disebutkan namanya ini mengira wasabi sebagai alpukat, alhasil ia menyantap satu sendok teh wasabi sekaligus. Selang beberapa waktu, wanita ini mengaku merasakan nyeri pada dadanya sehingga dibawa ke rumah sakit.
Wanita Ini Dilarikan ke RS Setelah Makan Banyak Wasabi yang Dikira AlpukatFoto: iStock

Baca juga : Hijau Mengilap, Inilah Mutiara Wasabi yang Tren di Jepang

Setelah tiba di rumah sakit, dokter yang memeriksa mengatakan ia menderita serangan jantung. Menurut laporan, wanita ini mengalami kardiomiopati takotsubo yang membuat otot jantungnya terganggu.

Untungnya kejadian ini langsung ditangani dengan baik dan cepat. Dokter langsung mengambil tindakan sehingga wanita ini bisa langsung sehat kembali.

Kejadian ini pun menggelitik para peneliti tentang dampak negatif menyantap wasabi dalam jumlah banyak. "Beberapa menit setelah dia memakan wasabi, dia merasakan tekanan tiba-tiba di dadanya lalu menjalar ke lengannya, yang berlangsung beberapa jam," kata seorang saksi.

"Dia memutuskan untuk tidak meninggalkan pesta pernikahan namun rasa sakit mulai mereda sementara. Pada hari berikutnya, dia merasakan lemas dan segera mencari pertolongan medis."

Para peneliti sempat merasa heran karena sebelumya justru banyak penelitian tentang manfaat wasabi, salah satunya sebagai pencegah kanker. Soal serangan jantung ini, peneliti beranggapan karena terlalu banyak wasabi yang dikonsumsi.
Wanita Ini Dilarikan ke RS Setelah Makan Banyak Wasabi yang Dikira AlpukatIlustrasi wanita terkena serangan jantung/Foto: iStock

Wasabi sendiri merupakan umbi tanaman Eutrema japonicum. Berwarna hijau mirip lobak, teksturnya keras. Biasanya wasabi diparut halus dan jadi pelengkap sushi atau sashimi. Secara alami wasabi memiliki rasa pedas, panas dan getir yang terkadang membuat lidah merasa kebas.

Selain rasanya yang sensasional, wasabi juga mengandung nutrisi seperti vitamin C, antibakteri dan antiinflamasi sehingga bisa meringankan penyakit alergi,asma hingga kanker. Wasabi dalam versi asli atau original dibanderol dengan harga tinggi sehingga banyak yang menjual versi tiruannya.

Mirisnya, produk wasabi yang beredar di pasaran ternyata sama sekali tak mengandung wasabi. Jika dalam kemasan tertera bahan wasabi japonica, itu artiya bukan wasabi asli melainkan campuran lobak, mustard China, dan pewarna makanan.

Baca juga : Tak Sekadar Pelengkap Sushi, Wasabi Berkhasiat Bunuh Sel Kanker




Simak Video "Silong, Sashimi khas Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)