Tak Cepat Busuk, Alpukat Ini Bisa Awet Segar hingga Sebulan!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 24 Sep 2019 08:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Alpukat termasuk buah yang cepat busuk sehingga tak bisa disimpan terlalu lama. Tapi tak perlu khawatir, kini ada alpukat yang bisa awet sampai 1 bulan!

Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya nutrisi. Buah ini sangat sehat dan mengandung beragam nutrisi, termasuk 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Bahkan kini alpukat telah menjadi makanan yang sangat populer di kalangan pelaku hidup sehat.

Namun masalahnya, alpukat tidak bisa disimpan terlalu lama karena buah ini cepat matang dan busuk. Karenanya, Kroger, sebuah supermarket asal Amerika berinisiatif meluncurkan produk baru yaitu alpukat yang dapat disimpan kurang lebih selama satu bulan.

Tak Cepat Busuk, Alpukat Ini Bisa Awet Segar hingga Sebulan!Foto: Istimewa

MSN (20/9) melaporkan, Kroger bekerja sama dengan Apeel Sciences, sebuah perusahaan yang dapat membuat buah-buahan memiliki umur simpan lebih lama dari biasanya. Apeel menggunakan lapisan namun tidak ada rasanya dan terbuat dari bahan nabati sehingga tetap aman dimakan.

Michelle Masek, juru bicara Apeel Sciences menjelaskan bahwa yang mereka lakukan ialah sama saja menciptakan kulit kedua pada buah. Lapisan tambahan ini dapat membantu memperkuat kulit alami buah dan memperlambat laju kehilangan air dan oksidasi, yang merupakan penyebab utama pembusukan.

Tak Cepat Busuk, Alpukat Ini Bisa Awet Segar hingga Sebulan!Foto: Istimewa

Baca Juga: Rutin Sarapan Alpukat Setiap Pagi Bisa Menyehatkan Jantung

Formula yang mereka gunakan juga bervariasi tergantung pada jenis makanan. Saat ini, Apeel telah mengembangkan pelapis tidak hanya untuk alpukat, tetapi juga untuk asparagus, limau, dan mandarin. Bahkan ilmuwan perusahaan juga telah menguji lapisan ini pada sekitar 50 buah lainnya, agar lebih banyak buah dan sayuran yang tetap awet dalam beberapa tahun.

Meskipun lapisan Apeel membantu alpukat tetap matang lebih lama, namun itu tidak membuat warna alpukat menjadi kecokelatan. Rata-rata alpukat biasanya akan tetap segar selama sekitar empat hari di meja dan bisa awet selama 10 hari jika disimpan di lemari es. Sedangkan untuk alpukat yang ditambahkan lapisan Apeel dapat bertahan hingga 30 hari.

Masek juga menjelaskan bahwa lapisan tersebut terbuat dari bahan-bahan yang ditemukan di dalam buah-buahan, dapat dimakan, dan bersifat organik. Berupa bubuk yang dicampur dengan air sehingga dapat diaplikasikan dengan menyemprotkan, mencelupkan atau menyikatnya.

Tak Cepat Busuk, Alpukat Ini Bisa Awet Segar hingga Sebulan!Foto: Istimewa

Lapisan Apeel tidak memiliki warna, rasa dan tidak berbau. Lapisan ini juga datang dalam formulasi yang dapat digunakan pada produk organik Bersertifikat USDA, yang berarti aman dan tidak mengandung bahan yang dimodifikasi secara genetik.

Dengan menghasilkan buah yang dapat bertahan lebih lama ini artinya akan lebih sedikit buah busuk yang perlu dibuang ke tempat sampah. Jadi Apeel mengatakan produknya berada di garis depan dalam memerangi masalah global limbah makanan.

Tak Cepat Busuk, Alpukat Ini Bisa Awet Segar hingga Sebulan!Foto: Istimewa

Kroger saat ini menjual alpukat Apeel di supermarket beberapa kota di Amerika Serikat. Misalnya di Arkansas, Indiana, Michigan, Mississippi, Ohio, Virginia dan Virginia Barat. Dan beberapa kota lainnya, yang masih dalam proses.

Selain Kroger, konsumen juga dapat menemukan produk Apeel di supermarket independen yang dilayani oleh AWG, serta di Costco dan Harps Food Stores tertentu.

Baca Juga: Jika Dimakan Berlebihan, Alpukat Juga Bisa Bahayakan Kesehatan


Simak Video "Puas Menjajal Rice Bowl Lidah Sapi yang Mengenyangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)