5 Lobster dengan Warna Cantik yang Unik dan Langka

Riska Fitria - detikFood Senin, 23 Sep 2019 17:30 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto: Istimewa

1. Lobster Berwarna Galaksi

Pada beberapa tahun lalu masyarakat dihebohkan dengan kemunculan lobster berwarna cantik. Lobster tersebut memiliki warna seperti galaksi dengan gradasi warna biru muda dan biru tua pada bagian capitnya. Sementara di bagian badan sampai ekornya memiliki warna gradasi dari ungu hingga kemerahan. Lengkap dengan bintik-bintik putih di sekujur tubuhnya dan membuat tampilannya seperti galaksi.

Lobster tersebut ditemukan di perairan Papua. Melihat lobster berwarna cantik ini, salah satu Ilmuwan dari Jerman, Christian Lukhaup langsung menelitinya. Dalam penelitiannya tersebut ditemukan bahwa lobster tersebut masuk ke dalam spesies Genus Cherax. Lukhaup akhirnya menamai lobster tersebut dengan sebutan Cherax Pulcher. Kata 'Pulcher' merupakan bahasa latin yang artinya cantik.

Sayangnya, lobster cantik ini terancam punah karena jenis lobster ini banyak diperdagangkan sebagai hewan hias. Selain itu juga melihat populasi manusia di Papua terus meningkat, dibarengi dengan polusi dan pencemaran lingkungan. Beberapa hal tersebut sangat berpengaruh terhadap keberlagsung lobster ini. Sejauh ini, lobster berwarna galaksi hanya ditemukan di satu tempat saja.

(raf/odi)