Jelajah Ibu Kota Baru

Ada Pentol Gurih Sejauh Mata Memandang Penajam Paser Utara

Rahmad Hidayatollah - detikFood Jumat, 20 Sep 2019 14:00 WIB
Foto: Detikfood/Rahmad Hidayatollah Foto: Detikfood/Rahmad Hidayatollah
Penajam Paser Utara - Presiden Jokowi sudah memutuskan Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai Ibu kota baru. Di Kabupaten ini, jajanan pentol begitu mudah ditemukan. Sejauh mata memandang, tukang pentol akan selalu terlihat dimana-mana.

Pentol atau cilok merupakan jajanan yang mudah ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Tentunya dengan bermacam-macam variannya. Jajanan ini masih banyak ditemukan Ibu kota saat ini, Jakarta.

Baca Juga: RM Papadaan: Gurih Pulen Nasi Kuning Legendaris di Ibu Kota Baru
Ada Pentol Gurih Sejauh Mata Memandang Penajam Paser UtaraFoto: Detikfood/Rahmad Hidayatollah

Saat Tim Jelajah Ibu Kota Baru detikcom mengunjungi Kabupaten Penajam Paser Utara, pedagang jajanan ini ada di mana-mana. Pedagang pentol di Penajam Paser Utara jumlahnya banyak sekali, seperti cendawan di musim penghujan. Dari mulai pasar sampai sekolah.

Saat kami singgah di kawasan Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam pada Senin (9/9/2019), kami menemukan pedagang pentol yang berhenti melayani pembeli. Kami pun ingin mencoba mencicipi pentol ini.

Ada yang unik dari pentol yang ada di Penajam Paser Utara ini. Rasa pentol ini jauh lebih gurih daripada pentol pada umumnya. Alasannya karena pentol yang kami beli saat itu digoreng dengan kuning telur. Baik yang digoreng dengan telur atau tidak digoreng, harganya sama yakni Rp 500 untuk per bijinya.
Ada Pentol Gurih Sejauh Mata Memandang Penajam Paser UtaraFoto: Detikfood/Rahmad Hidayatollah

Umumnya, pedagang pentol di Penajam Paser Utara juga menjual es teh. Minuman ini seperti sudah satu paket dengan pentol. Harganya Rp 1.000 saja.

Pentol ini bukan hanya kami temukan di Petung saja. Saat kami berkunjung ke Pasar Penajam, lagi-lagi kami menemukan pedagang pentol. Harga pentol dan es tehnya sama dengan pentol yang kami temukan di Petung.

Tim Jelajah Ibu Kota Baru detikcom lantas meneruskan perjalanan ke SDN 010 Sepaku yang berada di Kecamatan Sepaku.

Di sana kami bertemu Joko, pedagang pentol asal Banyumas, Jawa Tengah. Dia merantau ke Penajam Paser Utara pada tahun 2014. Kini, dia tinggal di rumah kontrakan yang ada di sekitar kantor Kecamatan Sepaku.

"Saya ke sini tahun 2014 dan waktu itu sudah jualan pentol. Sekarang tinggal sama istri dan anak di rumah kontrakan. Sebulan, Rp 400 ribu," ujar Joko.
Ada Pentol Gurih Sejauh Mata Memandang Penajam Paser UtaraFoto: Detikfood/Rahmad Hidayatollah

Saat kami tanya apa pendapatnya soal Ibu kota baru yang akan dipindahkan ke Penajam Paser Utara, Joko mengaku setuju saja. Dia berharap dengan adanya Ibu kota baru, pentolnya laris.

"Ya setuju aja mas. Mudah-mudahan pentol saya ini laris terus," ungkap Joko.

Simak laporan Jelajah Ibu Kota Baru, hanya di detikcom.

Baca Juga: Jadi Ibu Kota Baru, Ini 5 Kuliner Unik Kabupaten Penajam Paser Utara




Simak Video "Sadis! Pedasnya Jajanan Pentol Gila"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)