Rutin Minum Soda Tiap Hari, Pria di Malaysia Ini Nyaris Kehilangan Lengannya

Riska Fitria - detikFood Selasa, 17 Sep 2019 16:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pria ini menderita diabetes karena rutin konsumsi minuman manis. Iapun harus menanggung akibatnya, lengannya alami luka serius hingga terlihat tulangnya.

Adalah Mohd Razin Mohamed (56), pria asal Malaysia yang hampir kehilangan seluruh bagian punggung, bahu hingga lengannya. Pasalnya bagian lengan Mohd Razin tersebut mengalami luka serius karena penyakit diabetes yang dideritanya.

Diabetes adalah jenis penyakit yang disebabkan karena kadar gula dalam tubuh yang berlebih. Penyakit ini diderita oleh Mohd Razin sejak ia berusia 40 tahun lalu. Diabetes yang dideritanya ini terjadi karena ia terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda.
Rutin Minum Soda Tiap Hari, Pria di Malaysia Ini Nyaris Kehilangan LengannyaFoto: Istimewa

World of Buzz (16/9) melaporkan bahwa Mohd Razin tak pernah absen untuk meminum minuman soda selama jam makan siang. Bahkan ia mengaku selalu membeli dua kaleng minuman soda setiap harinya tanpa mempertimbangkan efek kesehatan yang akan dialami.

Terkadang ia bisa sampai membeli lebih dari dua kaleng minuman soda. Kebiasannya ini terus dilakukan oleh Mohd Razin sampai akhirnya ia menemukan semut di tempat ia membuang air seninya.

"Saya baru tahu saya menderita diabetes setelah menemukan semut di tempat saya kencing. Setelah itu, saya pergi ke klinik kemudian dokter menyarankan saya untuk dirawat di rumah sakit," ujar Mohd Razin.
Rutin Minum Soda Tiap Hari, Pria di Malaysia Ini Nyaris Kehilangan LengannyaFoto: Istimewa

Baca Juga : Ini Alasan Kenapa Minum Soda Memicu Kenaikan Berat Badan

Selama dirawat di rumah sakit, keadaan Mohd Razin justru memburuk karena ada bisul di bagian punggung yang belum sembuh selama berbulan-bulan. Itu menyebabkan luka melepuh di area punggung. Luka melepuh itu tumbuh dari yang semula hanya berukuran ibu jari menjadi sebesar telapak tangan.

Kondisinya sangat buruk, bahkan tulang-tulang pada tubuhnya dapat terlihat. Mohd Razin pun langsung mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit Sungai Buloh, Malaysia dengan melakukan operasi.

Operasi tersebut dilakukan dengan membuat kulit yang terinfeksi dan mengeringkan nanah yang ada di luka tersebut. Kalau itu tidak segera dilakukan, maka Mohd Razin akan kehilangan lengannya untuk selama-selamanya.
Rutin Minum Soda Tiap Hari, Pria di Malaysia Ini Nyaris Kehilangan LengannyaFoto: Istimewa

Pria yang tinggal di Bukit Sentosa, Malaysia ini menceritakan bahwa setelah dioperasi ia merasa sulit untuk mengangkat lengan kanannya. Di bagian punggungnya juga terasa sakit, karena kulit yang tidak rata.

Kini keadannya sudah membaik, bagian punggung hingga lengannya ditutup dengan menggunakan perban. Meskipun begitu ia harus minum obat dan rutin mengontrol kadar gula tubuhnya.

"Karena kadar gula saya yang tinggi pada saat itu, saya sampai pingsan tiga kali saat bekerja di dekat Masjid Jamek, Kuala Lumpur," tambah Mohd Razin.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa penyesalan sudah tidak berguna lagi. Karenanya Anda juga perlu mengontrol kadar gula dengan tidak mengonsumsi yang manis-manis secara berlebihan.

Baca Juga : Minum Soda Berlebihan Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar

Simak Video "Nasi Goreng Diabetes hingga Cappuccino Enak Ada di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)