5 Tips Cerdas Simpan Bumbu Agar Awet Segarnya

Devi Setya - detikFood Sabtu, 14 Sep 2019 09:00 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto: iStock

1. Bawang Bombay
Sebagian besar orang akan menyimpan sisa bawang bombay di dalam lemari es, padahal cara ini salah besar. Bawang bombay yang disimpan dalam lemari es bukannya akan bertahan lama, bawang justru akan keriput dan mengering.

Menyimpan bawang bombay sisa sebaiknya di dalam kantung atau wadah kedap udara. Cukup simpan di suhu ruang seperti lemari atau rak bumbu. Hindari juga menyimpan bawang bombay pada suhu panas dan basah karena tempat seperti ini akan membuat bawang cepat bertunas.

Hindari juga menyimpan bawang bombay di dekat kentang. Kentang dan bawang bombay sama-sama bersifat melepaskan kelembaban sehingga kalau disimpan bersama akan membuatnya cepat busuk. Bawang bombay segar yang masih dilapisi kulit, idealnya bisa bertahan selama dua bulan.

Untuk bawang bombay yang sudah dikupas atau diiris, jelas masa simpannya tidak terlalu lama. Simpan bawang kupas atau iris ini pada wadah kedap udara lalu simpan dalam lemari es. Bawang ini setidaknya masih enak diolah meskipun sudah disimpan beberapa hari.

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com