Resep Pumpkin Spice Latte yang Hangat Berempah dan Enak

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 09 Sep 2019 10:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Dikenal sebagai minuman musiman populer dari Starbucks, Pumpkin Spice Latte ternyata mudah dibuat sendiri. Ada paduan susu, kopi, dan pure labu yang jadi bahan utamanya.

Pumpkin Spice Latte identik sebagai minuman musiman Starbucks yang dirilis tiap musim gugur. Minuman ini pertama kali dibuat tahun 2003 di Amerika Serikat. Ternyata paduan susu, kopi, puree labu, dan rempah dalam Pumpkin Spice Latte disukai banyak orang.

Buktinya Pumpkin Spice Latte terjual lebih dari 200 juta cangkir. Seiring waktu, banyak kafe ikut mengadopsi Pumpkin Spice Latte dalam menunya. Masing-masing punya gaya racikan sendiri. Bahkan Pumpkin Spice Latte (PSL) jadi minuman ikonik musim gugur di Amerika.
Resep Pumpkin Spice Latte yang Hangat Berempah dan EnakFoto: iStock

Pada umumnya, Pumpkin Spice Latte adalah minuman kopi yang dibuat dengan campuran rempah-rempah tradisional (kayu manis, pala dan cengkeh), susu sapi/sari almond, espresso, dan gula. Kemudian atasnya diberi whipped cream dan taburan bubuk labu.

Baca Juga : Vegetarian Kirim Petisi agar Pumpkin Spice Latte Starbucks Tak Pakai Susu Sapi

Minuman ini memang termasuk minuman musiman, yang tersedia dan dinikmati hanya dari bulan Januari hingga Agustus. Jika Anda sedang ingin membuatnya sendiri di rumah, ternyata sangat mudah.

Bahan yang Anda butuhkan ialah 2 cup atau sekitar 500 ml susu (boleh whole milk atau skim milk), 2 sdm puree labu, dan 1 hingga 3 sendok gula pasir. Selanjutnya racik Pumpkin Spice yang terdiri dari 1 sdm + 1 sdt bubuk kayu manis, 2 sdt jahe bubuk, 1/sdt bubuk pala. Aduk semua rempah bubuk ini jadi satu.
Resep Pumpkin Spice Latte yang Hangat Berempah dan EnakFoto: iStock

Sebagai pemanis, siapkan 1 sdm ekstrak vanila dan 1/2 sdt Pumpkin Spice yang sudah diracik tadi. Untuk kopi, bisa memakai 150 ml air kopi panas. Jangan lupa siapkan whipped cream sebagai topping.

Mulailah dengan memanaskan susu di atas panci sedang. Masukkan puree labu dan gula pasir. Kocok campuran ini dengan whisk sampai lembut lalu panaskan dengan api sedang. Selanjutnya, masukkan ekstrak vanilla, Pumpkin Spice, dan kopi panas. Kocok lagi sampai semua tercampur rata.

Terakhir, ambil dua cangkir dan isi dengan Pumpkin Spice Latte hingga 3/4 gelas. Percantik dengan whipped cream dan berikan tambahan rasa dengan bubuk Pumpkin Spice. Secangkir Pumpkin Spice Latte pun siap dinikmati!

Baca Juga: Unik! Minuman Ini Tersaji di Dalam Gelas Labu 3 Liter

Simak Video "Resep Kue : Cheesecake Stroberi Oreo No Bake"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)