Mual atau Sulit Tidur? Ini 6 Racikan Teh yang Tepat Diminum

Milla Kurniaputri - detikFood Sabtu, 07 Sep 2019 08:00 WIB
Foto: shutterstock
Jakarta - Bukan hanya berbeda rasa, tiap jenis teh ini memiliki manfaat kesehatan berbeda. Mulai dari untuk atasi mual sampai sulit tidur.

Minum teh di beberapa negara merupakan sebuah budaya, seperti di Inggris dengan Afternoon Tea. Namun di luar budaya, banyak orang lebih memilih minum teh dibanding kopi karena kadar kafeinnya lebih rendah.

Bukan hanya kadar kafeinnya, ternyata teh juga memiliki banyak manfaat. Dilansir dari Live Strong (3/9), inilah 6 teh populer yang memiliki banyak manfaat kesehatan.



1. Teh chamomile untuk atasi sulit tidur

Mual atau Sulit Tidur? Ini 6 Racikan Teh yang Tepat DiminumFoto: dok. detikFood

Teh chamomile bagus untuk Anda yang mengalami kesulitan tidur. Hal ini dibenarkan oleh beberapa peneliti, sebab chamomile bebas dari kafein dan kaya akan apigenin bioflavonoid. Ketika apigenin berikatan dengan reseptor spesifik di otak, ia dapat memiliki efek sedatif yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur.

Bahkan studi lain juga menunjukkan hal demikian. Dalam sebuah jurnal, para peneliti menemukan bahwa wanita yang minum teh chamomile akan menghabiskan lebih banyak waktu tidur.

2. Peppermint untuk masalah pencernaan

Mual atau Sulit Tidur? Ini 6 Racikan Teh yang Tepat DiminumFoto: GettyImages

Peppermint dikatakan bagus untuk pencernaan. Jika Anda memiliki sindrom iritasi usus besar (IBS), teh peppermint bisa menjadi pengobatan jangka pendek yang efektif untuk gejala-gejala terkait. Hal ini dibenarkan oleh salah satu jurnal. Namun, menurut para peneliti teh ini tidak boleh digunakan sebagai pengobatan jangka panjang.

3. Teh jahe untuk mual

Mual atau Sulit Tidur? Ini 6 Racikan Teh yang Tepat DiminumFoto: iStock

Teh jahe cocok untuk Anda yang sedang merasakan perut mual. Bahkan para peneliti telah lama mempelajari jahe sebagai pengobatan untuk kondisi seperti kehamilan atau mual dan muntah yang diinduksi kemoterapi. Kemudian salah satu penelitian menunjukkan bahwa jahe memiliki beberapa manfaat, meskipun mereka mungkin tidak seefektif obat. Jahe juga dikatakan dapat mengobati sakit perut yang disebabkan oleh kembung.

4. Matcha untuk asupan antioksidan

Mual atau Sulit Tidur? Ini 6 Racikan Teh yang Tepat DiminumFoto: iStock

Matcha disebut sarat kandungan antioksidan yang kuat. Antioksidan adalah senyawa yang dapat membantu mencegah atau menunda kerusakan sel, yang dapat mengurangi risiko penyakit tertentu.

Salah satu penelitian juga menunjukkan bahwa matcha memiliki beberapa tingkat antioksidan tertinggi dari semua jenis teh hijau lainnya. Namun matcha mengandung kafein, jadi Anda perlu perhatikan asupannya agar tak ganggu pola tidur Anda.

5. Teh hitam untuk kesehatan tulang

Mual atau Sulit Tidur? Ini 6 Racikan Teh yang Tepat DiminumFoto: iStock

Teh hitam disebut bisa menyehatkan tulang. Bahkan jika Anda sering konsumsi teh hitam, dikatakan Anda akan berisiko lebih rendah mengalami rawat inap akibat patah tulang. Para peneliti menyetujuinya karena kandungan flavonoid tertentu yang ditemukan dalam teh hitam. Namun jika Anda ingin mengurangi kafein, Anda bisa memilih teh hitam tanpa kafein.

6. Teh hijau untuk asupan energi

Mual atau Sulit Tidur? Ini 6 Racikan Teh yang Tepat DiminumFoto: iStock

Jika Anda ingin mengurangi kopi, Anda bisa ganti dengan teh hijau. Meskipun tidak mengandung kafein sebanyak kopi, namun teh hijau memiliki lebih banyak kafein daripada teh hitam sehingga dapat meningkatkan energi tubuh Anda.

Namun salah satu jurnal mengatakan katekin yang ada pada teh hijau dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Sehingga konsumsinya juga perlu diwaspadai.





Simak Video "Kejayaan Pedagang di Pasar Baru Sebelum Corona Menyerang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)