5 Trik Menyeduh Teh Hijau Agar Rasanya Lebih Enak

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 24 Mei 2019 09:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Menyeduh teh hijau perlu memperhatikan suhu airnya. Agar hasilnya tak pahit, ada teknik khusus dalam proses penyeduhan.

Dianggap sebagai salah satu minuman paling sehat di dunia, teh hijau kini menjadi pilihan yang disukai semua orang karena mengandung antioksidan dan nutrisi.

Saat ini, teh hijau dianggap sebagai minuman penting dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, teh hijau telah populer sejak zaman kuno karena dikenal dapat membantu proses penurunan berat badan dan dapat mengurangi risiko kanker.

Meskipun teh hijau memiliki banyak manfaat, banyak orang yang tidak menyukai rasanya karena memiliki rasa hambar dan pahit, jika tidak diseduh dengan cara yang benar.

Rasa teh hijau pada dasarnya tidak pahit. Dari mengatur suhu air hingga memilih daun teh hijau yang tepat, ada banyak hal yang perlu Anda ketahui untuk menghasilkan rasa yang enak pada teh hijau. Berikut langkahnya.

Baca Juga: Ternyata Ini Teh Hijau Asli Indonesia yang Paling Enak Rasanya

1. Memilih teh yang tepat

5 Trik Menyeduh Teh Hijau Agar Rasanya Lebih EnakFoto: iStock

Sangat penting untuk memilih teh hijau yang tepat sebelum diseduh. Teh hijau memang ada beberapa jenis. Ada yang dikemas dalam kantung teh dan juga dalam bentuk bubuk hingga daun teh yang dikeringkan.

Namun, Anda perlu mengetahui khasiat ketiganya, kantong teh mengandung debu, dan daun tehlah, yang dapat menyebabkan rasa pahit. Sedangkan bubuk teh hijau, memiliki lebih banyak nutrisi daripada kantong teh dan daun teh.

2. Mengatur suhu air yang tepat

5 Trik Menyeduh Teh Hijau Agar Rasanya Lebih EnakFoto: iStock

Dalam membuat teh hijau biasanya diawali dengan air yang direbus. Kemudian mencelupkan kantong teh hijau ke dalamnya. Hal ini akan mengakibatkan rasa teh menjadi pahit dan hambar.

Suhu yang tepat untuk menyeduh teh hijau adalah70 C - 80 C. Atau, Anda juga bisa mendiamkan air mendidih selama 2 menit sebelum menambahkan kantong teh ke dalamnya.

3. Durasi untuk menyeduh teh

5 Trik Menyeduh Teh Hijau Agar Rasanya Lebih EnakFoto: shutterstock

Teh hijau dikenal memiliki aroma yang sangat lembut. Oleh karena itu, seduh teh selama 2-3 menit. Jangan biarkan llebih dari 3 menit d idalam gelas, karena akan membuat teh hijau terasa pahit.

4. Beri bahan tambahan

5 Trik Menyeduh Teh Hijau Agar Rasanya Lebih EnakFoto: iStock

Menambahkan sedikit jus lemon dapat meningkatkan rasa teh hijau sekaligus meningkatkan gizi. Jus lemon termasuk jbahan yang paling umum untuk teh hijau.

Tidak hanya itu, madu juga bisa ditambahkan untuk meningkatkan rasa. Atau Anda juga dapat bereksperimen dengan vanili, daun mint atau bubuk herbal.

5. Gunakan jumlah teh yang tepat

5 Trik Menyeduh Teh Hijau Agar Rasanya Lebih EnakFoto: Istimewa

Bukan hanya suhu air dan waktu yang perlu diperhatikan dalam membuat teh hijau, jumlah teh juga perlu diperhatikan saat menyeduh.

Semua tergantung selera, Anda dapat menyesuaikan jumlah daun teh atau bubuk teh hijau. Rasio yang ideal adalah menambahkan 2 gram daun teh hijau dalam setengah cangkir air.

Baca Juga: Mana yang Lebih Sehat, Teh Hijau atau Ekstraknya? (lus/odi)