Ini Cara Ampuh Hilangkan Aroma Durian di Mulut, Mobil, hingga Kulkas

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 06 Sep 2019 13:00 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Aroma durian memang menambah kenikmatan saat menyantapnya. Tapi kadang aroma ini tertinggal dan sulit dihilangkan. Seperti apa cara menyingkirkannya?

Usai makan durian kerap kali aromanya tertinggal di mulut. Hal ini tentu bisa mempengaruhi kepercayaan diri. Begitu juga kalau durian disimpan di mobil atau kulkas, aromanya seperti menempel di semua sudut hingga membuat terganggu.

Aroma 'Raja Buah' yang kuat ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Peneliti dari German Research Center for Food Chemistry pernah mencari tahu mengapa aroma durian begitu kuat dan tajam. Ternyata ada 50 senyawa diskret (terpisah dan berbeda dari yang lain) dalam durian.

Delapan senyawa kabarnya belum pernah terdeteksi sebelumnya. Ada juga 4 senyawa yang tidak dikenal dalam sains. Rupanya senyawa tersebut bukanlah senyawa tunggal melainkan campuran bahan kimia berbeda yang menghasilkan aroma menyengat.

Guna menghilangkan aroma durian tersebut, diperlukan trik yang tepat. Durians (6/9) merangkum informasinya seperti berikut. Pencinta durian tentu wajib tahu! (adr/odi)