Di Pontianak, Presiden Jokowi Tanam Pohon Durian Serombut

Devi Setya - detikFood Jumat, 06 Sep 2019 11:00 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Sejak Kamis (5/9) Presiden Joko Widodo bertandang ke Pontianak dalam rangka kunjungan kerja. Sebagai salah satu kegiatannya, Jokowi menanam pohon durian unggulan asli Kalimantan Barat.

Agenda utama Presiden Jokowi adalah menyerahkan sertifikat Tanah Objek Reformasi Agraria (TORA) oleh Kementerian Kehutanan dan LA di Kalimantan Barat. Ditemani Gubernur Kalbar, Sutarmidji, Jokowi diajak menanam bibit durian unggulan asli Kalbar.

"Di tempat penyerahan SK redistribusi TORA, sebelumnya Presiden Joko Widodo melakukan penanaman bibit pohon Durian Serumbut di salah satu bagian Taman Digulis Untan, Pontianak, Kalimantan Barat," tulis keterangan pada akun instagram resmi @sekretariat.kabinet.
Di Pontianak, Presiden Jokowi Tanam Pohon Durian Serombut Foto: istimewa

Baca juga : Seru Banget!Jokowi Panen Durian yang Ditanam di Karanganyar, Jateng

Lewat foto yang dibagikan, Jokowi memang terlihat tengah asyik menanam bibit pohon durian di kawasan hutan kota Taman Digulis Untan, Pontianak. Ada dua jenis durian yang ditanam yakni durian serombut dan durian singku. Dua varietas duian ini merupakan jenis unggulan asli Kalimantan Barat.

Untuk jenis durian serombut atau serumbut sendiri merupakan durian asli asal Sekayam, Kabupaten Sanggau. Durian ini memiliki beberapa karakter unggulan diantaranya bentuk buah simetris lonjong seperti belimbing.
Di Pontianak, Presiden Jokowi Tanam Pohon Durian Serombut Foto: istimewa

Bagian dagingnya berwarna kuning pucat dan tebal. Karena kualitasnya yang unggul, durian ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Harga untuk tiap butir buah durian dibanderol mulai Rp 50.000 hingga Rp 70.000.

Pada 2013 durian yang dibudidaya oleh Kanius Ne'en ini memenangkan kontes durian terbaik. Kemudian pada tahun 2018, Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau bekerjasama dengan UPSBTPH Provinsi Kalimantan Barat, BPTP Kalimantan Barat dan Balai Penelitian Tanaman Buah akan meluncurkan varietas Serumbut sebagai salah satu durian unggul Nasional.

Baca juga : Cinta Durian Lokal, Jokowi Belanja Durian Medan hingga Kendari

Simak Video "Mencicipi Menu Makan Siang Jokowi di Resto Khas Sunda"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)