Seru Banget!Jokowi Panen Durian yang Ditanam di Karanganyar, Jateng

Devi Setya - detikFood Jumat, 03 Mei 2019 15:29 WIB
Foto: instagram jokowi/sektetariat kabinet Foto: instagram jokowi/sektetariat kabinet
Jakarta - Presiden Jokowi menghabiskan Kamis (2/5) siang di Karanganyar, Jawa Tengah. Tak hanya memantau Bendungan Gondang, ia juga panen durian.

Lewat instagramnya, Presiden Jokowi membagikan momen seru saat panen durian dan menikmatinya bareng warga. Aktivitas ini dilakukan usai Jokowi meresmikan Bendungan Gondang di Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Didampingi sang istri, Iriana Joko Widodo, keduanya menyempatkan diri panen durian yang kebunnya memang ada di sekitar bendungan. "Durian ini dipetik dari pohon yang tumbuh tak jauh dari Bendungan Gondang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah," tulis Jokowi dalam keterangan fotonya.
Seru Banget!Jokowi Panen Durian yang Ditanam di Karanganyar, JatengFoto: instagram jokowi/sektetariat kabinet

Baca juga : Mampir ke Pabrik, Jokowi Makan Sayur Sup, Tempe dan Tahu Goreng Bareng Buruh

Lewat keterangan foto ini juga Jokowi berkisah kalau dua tahun lalu sempat menanam pohon durian bersama Iriana. Dua tahun silam adalah awal mula proyek pembangunan bendungan dimulai.

"Dua tahun lalu, saat Bendungan Gondang tengah dikerjakan, saya dan Ibu Negara ikut menanam pohon durian di area sabuk hijau bendungan. Saat pembangunana bendungan selesai, sabuk hijau itu telah jadi perkebunan dan pohon-pohon duriannya pun telah berbuah," beber Jokowi.
Seru Banget!Jokowi Panen Durian yang Ditanam di Karanganyar, JatengFoto: instagram jokowi/sektetariat kabinet

Dalam foto yang dibagikan, terlihat Jokowi menerima buah durian dari masyarakat. Tak makan sendiri, pria asli Solo ini menikmati durian bersama masyarakat juga.

"Saya bersama warga sekitar sudah menikmatinya kemarin." pungkas Jokowi.

Meskipun sudah menjadi kebun durian yang pohonnya sudah bisa dipanen, tapi Jokowi kembali menanam pohon durian lainnya. Kali ini ia menanam durian matahari yang tanahnya ia cangkul sendiri.
Seru Banget!Jokowi Panen Durian yang Ditanam di Karanganyar, JatengFoto: instagram jokowi/sektetariat kabinet

Baca juga : Cinta Durian Lokal, Jokowi Belanja Durian Medan hingga Kendari

Jokowi dan Iriana yang kompak mengenakan kemeja putih menyantap durian bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wagub Jawa Tengah Taj Yasin, Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Masyarakat yang ada di lokasi sekitar bendungan juga terlihat senang bisa mencicip durian yang sama dengan Presiden Jokowi. Terlihat warga berebut demi mendapatkan durian.


(dvs/odi)