Momen Kulineran Politisi

Cinta Durian Lokal, Jokowi Belanja Durian Medan hingga Kendari

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 10 Apr 2019 10:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Dari sekian banyak momen kulineran Jokowi, ia terlihat sering belanja durian. Biasanya ia mengincar durian kala berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia.

Sensasi nikmatnya durian juga digandrungi orang nomor satu di Republik Indonesia saat ini, Presiden Jokowi. Padahal konon dulu ia tak terlalu suka buah berduri ini. Ia beberapa kali terlihat menyempatkan cicip durian di beberapa daerah saat melakukan kunjungan kerja.

Akhir Maret lalu, misalnya, Jokowi mencicip lezatnya durian di Dumai. Kabarnya ia meminta mobil berhenti mendadak hanya untuk belanja raja buah ini.

Cinta Durian Lokal, Jokowi Belanja Durian Medan hingga KendariFoto: Istimewa

Ayah tiga anak ini nampak santai memilih durian langsung dari penjual di pinggir jalan. Ia yang mengenakan celana hitam dan kemeja putih dengan tangan digulung nampak jongkok dan menciumi beberapa durian untuk tahu kualitasnya.

Jokowi yang kala itu ditemani Erick Thohir sempat mencandai penjual durian. "Janjian ya pak kalau nggak enak kembali ya," ujar calon presiden nomor urut 1 ini. Dari video yang beredar juga terlihat Jokowi memilih sekitar 10 durian.

Selain di Dumai, Jokowi juga sempat menikmati durian di Medan bersama istri dan menantunya, Bobby Nasution. Peristiwa ini terjadi usai Jokowi menjalani agenda kampanye di Gedung Serbaguna T Rizal Noordin. Warung durian yang dipilihnya adalah Si Bolang di Jalan Iskandar Muda.

Cinta Durian Lokal, Jokowi Belanja Durian Medan hingga KendariFoto: Istimewa

Baca Juga: Jokowi Ajak Istri dan Menantu Santai Makan Durian di Medan

Jokowi memesan beberapa durian untuk disajikan di meja. Ia menikmati buah creamy ini sambil berbincang santai. Ibu Iriana juga terlihat makan durian bersama keluarga besannya.

Kunjungan Jokowi ke Kendari juga diwarnai momen belanja durian. Sebelum datang ke Pasar Pelelangan Ikan, ia menyempatkan diri belanja durian di Pasar Sentral. "Anda yang suka makan durian, sekarang masih musimnya. Harga buah ini sedang murah-murahnya," kata Jokowi dalam keterangan foto dirinya bersama durian.

Cinta Durian Lokal, Jokowi Belanja Durian Medan hingga KendariFoto: Istimewa

Bukan hanya baru-baru ini, Jokowi juga pernah mencicip durian Ucok yang terkenal di Medan pada 2017 lalu. Saat itu Jokowi ditemani Gibran Rakabuming, istrinya Selvi Ananda, dan anaknya Jan Ethes yang juga ikut menyantap durian.

Makin istimewa karena durian yang disipakan mencapai 250. Saat itu beberapa menteri juga ikut menyantap durian, yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Baca Juga: Jokowi Ajak Ibunya dan Jan Ethes Menyantap Durian Ucok

(adr/odi)