Mampir ke Pabrik, Jokowi Makan Sayur Sup, Tempe dan Tahu Goreng Bareng Buruh

Devi Setya - detikFood Rabu, 01 Mei 2019 10:30 WIB
Foto: Instagram Jokowi/sekretariat.kabinet Foto: Instagram Jokowi/sekretariat.kabinet
Jakarta - Presiden Jokowi ikut meramaikan Hari Buruh Internasional. Ia terlihat asyik makan nasi dengan lauk sederhana bersama buruh pabrik sepatu.

Lewat instagramnya, Presiden Jokowi terlihat mengunggah foto kunjungan kerjanya ke pabrik sepatu di Cikupa, Tangerang (30/4). Momen ini menarik perhatian publik, apalagi kunjungan ini dilakukan sehari menjelang Hari Buruh Internasional yang diperingati setiap 1 Mei.

Baca juga : Presiden Jokowi Sering Sambangi Resto Jatim hingga Seafood di Jakarta

Mampir ke Pabrik, Jokowi Makan Sayur Sup, Tempe dan Tahu Goreng Bareng BuruhFoto: Instagram Jokowi/sekretariat.kabinet

Dengan mengenakan kemeja putih, Jokowi terlihat asyik menikmati makan siang di tengah-tengah ratusan buruh pabrik. "Santap siang bersama para pekerja pabrik sepatu PT KMK Global Sports di Cikupa, Tangerang, hari ini sungguh nikmat," tulis Jokowi pada kolom captions.

Di sini ayah dari Gibran, Kahiyang dan Kaesang ini juga menjabarkan menu makanan yang disantapnya. "Menunya nasi puti, sayur sup tempe goreng, dan telur rebus. Suasananya hangat," lanjut Jokowi.

Nasi dan aneka lauk ini disajikan menggunakan wadah alumunium. Menu makanan yang disantap Jokowi sama dengan menu yang disantap para buruh. Setiap harinya para pekerja ini memang mendapat jatah makan siang dari katering yang ditunjuk perusahaan.

Sebelum menyantap makan siang, Jokowi lebih dulu berkeliling area pabrik dan melihat aktivitas para pekerja pembuat sepatu ini. Pria berdarah Solo ini bahkan sempat berbincang langsung dengan para pekerja.

Mampir ke Pabrik, Jokowi Makan Sayur Sup, Tempe dan Tahu Goreng Bareng BuruhFoto: Instagram Jokowi/sekretariat.kabinet

Baca juga : Di Bandung Presiden Jokowi Jajan Sate Kambing dan Tempe Mendoan

Dari obrolan singkat ini, Jokowi menganggap pabrik ini punya lingkungan kerja yang cukup baik. Ia bertemu dengan beberapa karyawan yang sudah bekerja 15 hingga 23 tahun.

Lewat unggahan ini juga Presiden Jokowi mengungkapkan harapan untuk para buruh Indonesia. "Besok, 1 Mei 2019, mereka - pekerja-pekerja di seluruh dunia - akan merayakan Hari Buruh. Semoga bisa berjalan dengan baik dan penuh kegembiraan," tutup Jokowi.



Simak Juga 'Mencicipi Menu Makan Siang Jokowi di Resto Khas Sunda':

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)