Begini Cara Tepat Hangatkan Sisa Fried Chicken

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 04 Sep 2019 15:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sering kali fried chicken masih sisa dan Anda masih ingin memakannya kembali. Ada trik tepat menghangatkan fried chicken yang aman dan praktis.

Memanaskan makanan jadi kebiasaan banyak orang demi mendapat makanan hangat setiap saat. Dari sisi kesehatan dan keamanan pangan, ternyata tak semua makanan bisa dipanaskan kembali. Misalnya saja bayam yang akan picu keracunan makanan karena mengandung nitrat jika dipanaskan.

Ada juga nasi yang menurut Foods Standards Agency (FSA) bisa sebabkan keracunan makanan karena bakteri Bacillus Cereus. Setelah nasi dipanaskan dan ditinggalkan pada suhu kamar, setiap spora yang ada bisa berlipat ganda. Keberadaan spora ini menyebabkan keracunan makanan saat nasi dimakan.

Begini Cara Tepat Hangatkan Sisa Fried ChickenFoto: iStock

Lalu bagaimana dengan fried chicken atau ayam goreng? Makanan ini terbilang sering dikonsumsi banyak orang di seluruh dunia. Times of India (4/9) menjelaskan lebih lanjut soal cara panaskan fried chicken.

Baca Juga: Bagaimana Cara Aman Menghangatkan Kembali Makanan Sisa?

1. Oven microwave
Memanaskan fried chicken dengan cara tepat bisa mencegah cita rasanya berkurang sekaligus mempertahankan kerenyahannya semaksimal mungkin. Jika Anda menyimpan sisa fried chicken di kulkas, segera keluarkan. Diamkan 10 menit hingga suhu fried chicken kembali ke suhu ruang.

Selanjutnya ambil piring dan alasi dengan tisu handuk. Taruh potongan fried chicken di atasnya. Tisu handuk akan menyerap kelebihan lembap yang ada sehingga fried chicken tidak lembek nantinya.

Untuk durasi memanaskan fried chicken di microwave, jangan langsung dalam sekali waktu yang lama. Panaskan bertahap dalam interval 30 detik. Hindari memanaskannya terlalu lama agar fried chicken tidak kering.

Begini Cara Tepat Hangatkan Sisa Fried ChickenFoto: iStock

2. Oven biasa
Untuk hasil lebih maksimal, hangatkan fried chicken di oven. Cara ini jadi pilihan banyak orang karena mampu mempertahankan tekstur renyah fried chicken. Tidak seperti jika fried chicken dihangatkan di microwave.

Sebelum memanaskan, pastikan fried chicken ada dalam suhu ruang. Kemudian panaskan oven sebelumnya hingga mencapai suhu 176 C. Setelah itu taruh rak kawat di atas wajan lalu letakkan fried chicken di atasnya. Cara ini menghindari fried chicken tidak lembek.

Panaskan fried chicken selama 15 menit, kemudian naikkan suhunya jadi 204 C. Masak lagi selama 5 sampai 8 menit hingga fried mencapai suhu 73 C.

3. Oven toaster

Satu lagi cara panaskan fried chicken yaitu menggunakan oven toaster. Dibanding microwave, alat dapur ini menjanjikan tekstur makanan yang lebih renyah. Caranya siapkan piring dan loyang panggang dengan aluminum foil.

Kemudian atur panas oven toaster sampai 204 C dan biarkan panas sebentar. Selanjutnya, taruh fried chicken di atas piring, tutupi dengan tisu handuk, dan panaskan selama 1 menit 45 detik.

Setelah itu, letakkan fried chicken tersebut di loyang panggang. Panaskan selama 2 sampai 3 menit lagi. Fried chicken pun siap disantap hangat-hangat!

Begini Cara Tepat Hangatkan Sisa Fried ChickenFoto: iStock

4. Anggapan bahaya panaskan fried chicken di microwave
Ada banyak anggapan beredar kalau fried chicken dipanaskan di microwave tidak aman karena bisa picu keracunan makanan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), gelombang pada microwave tidak bisa menembus makanan yang tebal sehingga menyebabkan pemanasan yang tidak merata. Sehingga ada bagian yang tidak mencapai suhu internal 73 derajat celcius, mengandung bakteri lalu munculkan penyakit.

Hal ini sebenarnya bisa dihindari dengan melakukan langkah pemanasan yang tepat. Cara-cara di atas bisa dipraktekkan agar Anda tak buang-buang makanan dan tetap bisa menikmati fried chicken sisa.

Baca Juga: Jangan Panaskan Ayam dengan Microwave, Ini Alasannya!



Simak Video "Raffi Ahmad Jualan Fried Chicken, Enak Nggak Ya?"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)