Cokelat hingga Kopi Jadi Bumbu Baru untuk Daging Domba Panggang

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 04 Sep 2019 13:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Daging domba, biasanya dipanggang dengan berbagai macam bumbu dan rempah. Menurut penelitian terbaru ada paduan bumbu baru yang bikin daging domba makin enak.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Simply Beef & Lamb di Inggris, menemukan bahwa dark chocolate atau cokelat hitam, merupakan bumbu yang cocok untuk daging domba panggang. Dilansir dari Metro UK (03/04), banyak orang yang menambahkan daun mint sebagai bumbu domba panggang untuk mengurangi aroma kuat dari daging domba.
Cokelat hingga Kopi Jadi Bumbu Baru untuk Daging Domba PanggangFoto: Istimewa

Baca Juga: Nanas hingga Jahe, Bahan Alami Untuk Kurangi Aroma Tajam Daging Kambing

Tapi lewat penelitian ini, hasil menunjukkan bahwa menggunakan dark chocolate membuat rasa daging domba jadi lebih enak. Para peneliti sebelumnya mengkaji molekul yang ditemukan dalam daging domba. Mereka menemukan komponen rasa yang sama antara cokelat dan domba. Karenanya ketika keduanya digabungkan, menghasilkan rasa makanan yang enak.

Dark chocolate disebut membuat rasa daging domba lebih keluar, hingga menguatkan rasanya. Tak hanya dark chocolate saja, para peneliti juga menemukan makanan lain yang cocok menjadi bumbu untuk daging domba. Seperti udang, kopi, whiskey, keju brie, kacang, kentang, hingga grapefruit.
Cokelat hingga Kopi Jadi Bumbu Baru untuk Daging Domba PanggangFoto: Istimewa

Menurut para peneliti, kopi dan cokelat punya rasa yang kuat dan sedikit pahit, sehingga menyeimbangkan rasa daging domba. Aromanya juga jadi lebih harum.

Dokter Rachel Edwards Stuart, selaku ilmuwan makanan yang juga terlibat dalam penelitian ini mengungkapkan, bahwa tak selamanya bumbu dan rempah tradisional itu memiliki rasa yang terbaik.
Cokelat hingga Kopi Jadi Bumbu Baru untuk Daging Domba PanggangFoto: Istimewa

"Meski beberapa bahan makanan ini umum digunakan untuk memasak. Tapi biasanya banyak orang yang takut menaruh bahan makanan tertentu ke masakan. Lewat penelitian ini menunjukkan bahwa, tak hanya daun rosemary dan mint saja yang cocok untuk memasak daging. Orang-orang bisa mulai lebih berani untuk memasukkan bahan-bahan makanan ke masakan mereka," pungkas Dokter Rachel.

Baca Juga: Daging Kambing Diprediksi Jadi Hidangan Populer 2019

Simak Video "Menjajal Piscok Dynamite yang Meledak di Mulut"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)