Rekomendasi Makan Siang

Enaknya Nasi Kapau dengan Gulai Tambusu hingga Itiak Lado Mudo

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 03 Sep 2019 12:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Nasi Kapau berbeda dengan nasi Padang biasa karena penyajian dan pilihan lauknya. Menyantap seporsi nasi Kapau dengan lauk lengkap dijamin bikin puas!

Menilik sejarahnya, nasi Kapau dibuat orang asli Kapau yaitu sebuah nagari atau desa di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Nasi Kapau memiliki ciri khas dalam penyajiannya. Biasanya lauk-lauk ditempatkan dalam baskom lalu disusun bertingkat.

Namun etalase lauk ini dibuat lebih rendah dari posisi penjual. Sehingga nanti penjual bisa menyendoki lauk dengan mudah dari satu baskom ke baskom lainnya. Menu khas nasi Kapau juga sedikit berbeda. Ada beberapa menu unik yang tak ada di rumah makan Padang biasa.

Mulai dari gulai tambusu, gulai Kapau, hingga itiak lado mudo. Daripada penasaran dengan tampilan atau rasanya, siang ini mampir saja makan nasi Kapau di 5 tempat berikut.

1. Sabana Asli Nasi Kapau Hj. Zaidar

Enaknya Nasi Kapau dengan Gulai Tambusu hingga Itiak Lado MudoFoto: dok. detikFood

Daerah Kramat Raya sudah terkenal sebagai pusatnya penjual nasi Kapau di Jakarta. Salah satu yang bisa disambangi adalah kios milik Hj. Zaidar yang sudah berjualan sejak 1993.

Pilihan lauk di sini sangat beragam, mencapai 50. Beberapa ditata di baskom mulai dari gulai tambusu, gulai jeroan, gulai telur bebek, itiak lado muda (bebek cabai hijau), ikan bilih goreng, dendeng batokok, rendang, paru goreng, hingga ayam pop.

Yang wajib dicoba tentu saja gulai tambusu dan itiak lado mudo di sini. Kalau memesannya bersama nasi, akan diracik bersama gulai Kapau yang terdiri dari kol, nangka, dan kacang panjang. Per porsi nasi Kapau di sini dijual mulai dari Rp 11.000 untuk lauk perkedel hingga Rp 40.000 untuk lauk itiak lado mudo.

Sabana Asli Nasi Kapau Hj. Zaidar
Jl. Kramat Raya, Senen
Jakarta Pusat

Baca Juga: Nikmatnya Nasi Kapau Legendaris Hj. Zaidar dengan Gulai Tambusu

2. RM Ibu Kacamata

Enaknya Nasi Kapau dengan Gulai Tambusu hingga Itiak Lado MudoFoto: dok. detikFood

Masih di kawasan Senen, ada RM Ibu Kacamata yang lokasinya sedikit jauh dari jejeran penjual nasi Kapau lain. Lokasi rumah makan ini ada di gang kecil di dekatnya.

Mampir ke sini langsung disambut aneka lauk pauk dalam baskom dan piring yang ditata berderet. Konon salah satu lauk yang wajib dicoba di sini adalah dendeng cabe ijo. Diracik dengan nasi, harganya sekitar Rp 19.000 saja.

Nasi dilengkapi gulai sayur kol dan kacang panjang, rendang kentang kecil, bumbu rendang, sambal dan kuah gulai. Meski porsinya tidak sebanyak warung nasi Padang lainnya, namun pelengkapnya cukup komplet.

Menu lain yang tersedia di sini adalah rendang daging, ayam bakar, gulai kepala kakap, gulai ikan mas, paru goreng, kikil, hingga telur dadar. Semua dijajakan dengan harga mulai dari Rp 10.000-19.000 per lauk.

RM Ibu Kacamata
Jl. Kramat Soka, Kramat Raya, Senen
Jakarta Pusat
Telepon: 087883703455

Baca Juga: RM Ibu Kacamata : Mengulang Kelezatan Dendeng Legendaris dari Kawasan Senen

3. Kedai Pak Ciman

Enaknya Nasi Kapau dengan Gulai Tambusu hingga Itiak Lado MudoFoto: dok. detikFood

Makan nasi Kapau juga bisa nyaman di restoran dengan pendingin udara. Salah satu restoran nasi Kapau yang terkenal adalah Kedai Pak Ciman di kawasan Bintaro. Di sini lauk nasi Kapau juga masih disusun dalam baskom-baskom besar dan bertingkat.

Beberapa pilihan lauknya adalah ikan bakar, telur balado, ayam bakar, perkedel, gulai jengkol, gulai kepala ikan, gulai tunjang hingga tambusu. Yang sayang dilewatkan adalah telur dadar (Rp 15.000) Kedai Pak Ciman yang terkenal tebal dan garing.

Jangan lewatkan juga tunjang, cincang daging sapi, hingga gulai tambusu dengan kisaran harga Rp 20.000-28.000 per jenis. Nasi lalu disajikan dengan nasi dan gulai Kapau yang menggugah selera.

Kedai Pak Ciman
Bintaro Avenue
Jl. MH Thamrin Blok A02 -1 SCBD
Sektor 7, Bintaro
Tangerang Selatan
Telepon: 021 22215800

Baca Juga: Kedai Pak Ciman: Lamak Bana! Nasi Kapau Gulai Tambusu dan Tunjang

4. Sabana Nasi Kapau

Enaknya Nasi Kapau dengan Gulai Tambusu hingga Itiak Lado MudoFoto: dok. detikFood

Sabana Nasi Kapau sudah ada sejak tahun 1988 di Melawai. Meski menu-menunya tak disusun seperti warung nasi Kapau lain, beberapa menu khas Kapau masih tersedia. Nantinya lauk-lauk ini disusun di meja layaknya ketika makan di rumah makan Padang.

Ada pilihan ayam bakar, udang balado, dendeng, paru, gulai tambusu, ayam pop, ayam goreng, rendang, daun singkong dan tentu saja sambal hijau. Gulai tambusu wajib dicoba. Harganya Rp 18.000 per buah dengan tekstur empuk kenyal dan rasa gurih.

Telur dadar juga jadi andalah di Sabana Nasi Kapau. Telur diracik hangat-hangat setelah ada yang memesan. Teksturnya begitu tebal, fluffy dan rasa gurihnya pas.

Sabana Nasi Kapau
Jl. Melawai Raya No. 21A, Melawai
Telepon: 021 7394038

Baca Juga: Sabana Nasi Kapau: Lamak Nian! Gulai Tambusu dan Dendeng Renyah untuk Buka Puasa

5. Nasi Kapau Uni Upik

Enaknya Nasi Kapau dengan Gulai Tambusu hingga Itiak Lado MudoFoto: dok. detikFood

Menyebut nasi Kapau banyak yang langsung menjagokan racikan Uni Upik di kawasan Senen, Jakarta Pusat. Di sini tersedia beragam menu seperti gulai gajebo, itiak lado mudo, rendang bebek, rendnag sapi, usus, limpa, hingga jengkol.

Kios yang sudah ada sejak 1985 ini masih memakai resep turun temurun dari Bukittinggi. Di sini pengunjung bisa mencicip racikan nasi Kapau dengan tambahak gulai kol dan rebung.

Ada juga sup iga sapi dalam rendaman kuah yang gurih menyegarkan. Semua menu di sini dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp 15.000.

Nasi Kapau Uni Upik
Jl. Kramat Raya No 11-13
Jakarta Pusat
Telepon : 081315155543



Simak Video "Krispi Gurih Talua Barendo Khas Nasi Kapau Juragan "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)