Inilah Air Putih Terbaik Versi Beverage Testing Institute

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 23 Agu 2019 07:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Untuk pertama kalinya Beverage Testing Institute memasukkan air putih dalam panduan mereka. Pihaknya meluncurkan "2019 World Water Championships."

Food & Wine (20/8) melaporkan Beverage Testing Institute (BTI) baru saja memberikan peringkat untuk air putih. Sebelumnya BTI dikenal sebagai perusahaan rating berusia 4 dekade yang memberi ulasan untuk spirit, wine, dan bir. Mereka menggunakan skor numerik dan menerbitkan buku-buku dari hasil pengujiannya.

Inilah Air Putih Terbaik Versi <i>Beverage Testing Institute</i>Foto: Istimewa

Namun, karena adanya gagasan tentang air, maka BTI melakukan hal berbeda. Jadi untuk pertama kalinya, BTI menambahkan air ke dalam portofolionya lalu meluncurkan "2019 World Water Championships" yang menobatkan air putih terbaik.

Meskipun kejuaraan "Dunia" ini skalanya tidak terlalu luas, namun BTI telah menambahkan ulasan tentang 19 air putih dari lima kategori ke situs webnya, Tastings.com. Sayangnya BTI belum secara rinci menjelaskan mengenai merek-merek populer seperti Smartwater, La Croix, dan Canada Dry.

Inilah Air Putih Terbaik Versi <i>Beverage Testing Institute</i>Foto: Istimewa

Baca Juga: Ini Jumlah Air Putih yang Harus DIminum Untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Lalu bagaimana hasilnya? Merek Schweppes mengalahkan Canada Dry and Q dengan peraihan 95 poin (sistem penilaiannya sama dengan wine), 8 poin penuh lebih dari merek air Kanada lainnya. Nilai ini juga menjadi skor tertinggi dari semua air yang dicicipi di semua kategori.

Sementara itu dengan poin 92, merek Evian mengalahkan The Mountain Valley dalam kategori "still spring water". Kemudian dengan poin 94, Simply Balanced mengalahkan Essentia, Dasani, dan Smartwater sebagai "purified water" terbaik.

Inilah Air Putih Terbaik Versi <i>Beverage Testing Institute</i>Foto: Istimewa

Bukan hanya itu, dengan 93 poin, Perrier adalah satu-satunya merek peraih medali emas yang diberikan dalam kategori "sparkling water" yang nominasinya juga termasuk Topo Chico dan Cedea.

Dalam kategori paling banyak yaitu "flavored sparkling water", La Croix Passionfruit mencetak 94 poin sehingga mengambil tempat teratas. Namun Perrier Peach, San Pellegrino Essenza Lemon & Lemon Zest, Perrier L'Orange, dan Voss Strawberry tetap menerima medali emas. Tetapi hanya Voss Raspberry Rose yang mendapatkan perak.

Bukan hanya itu, BTI juga memiliki peringkat "Best Club Soda for a Highball". Di sini, Schweppes berada di urutan keempat, sementara Topo Chico menempati posisi pertama sebagai campuran whiskey terbaik.

Baca Juga: Disarankan Ahli, Ini 5 Waktu Tepat Untuk Minum Air Putih

Simak Video "Kangen Hainan Chicken Rice ala Singapura? Ke Sini Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)