Pastry Eropa yang Populer

Kini Mendunia, Sachertorte Pertama Kali Dibuat Chef Magang Usia 16 Tahun

Devi Setya - detikFood Kamis, 22 Agu 2019 15:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Selain black forest, sachertorte juga merupakan kue klasik yang hingga kini masih digemari. Siapa sangka, pembuatnya adalah koki muda asal Wina berusia 16 tahun.

Resep yang mirip sachertorte pertama kali ditemukan pada abad ke-18 lewat buku masak Conrad Hagger pada tahun 1718. Resep kue ini juga tercatat dalam buku True Viennese Gartler-Hickmann tahun 1749.

Merujuk pada berbagai sumber, pada tahun 1832, Pangeran Wenzel von Matternich menugaskan chef pribadinya untuk membuat hidangan penutup bagi para tamu penting. Sayangnya saat itu kepala koki sedang sakit dan tugas membuat dessert ini diambil alih oleh seorang koki muda yang masih magang.
Kini Mendunia, Sachertorte Pertama Kali Dibuat Chef Magang Usia 16 TahunFoto: iStock

Baca juga : Resep Black Forest Cake Ternyata Sudah Dibuat Sejak 1915

Koki magang bernama Franz Sacher kala itu masih berusia 16 tahun. Pangeran berpesan agar membuatkan makanan penutup yang enak. "Jangan biarkan aku merasa malu malam ini!" kata sang Pangeran.

Siapa sangka, Torte muda yang masih dalam proses belajar ini berhasil membuat kue yang lezat dan membuat tamu pangeran terpuaskan. Namun kala itu Torte tak mendapat banyak perhatian. Ia pun melanjutkan proses belajar memasakanya sampai ilmu yang dimiliki terasa mumpuni.

Ketika merasa sudah ahli mengolah berbagai makanan, Torte akhirnya kembali ke kampung halamannya di Wina, Amerika. Di sini ia membuka toko kue yang juga menyajikan wine.

Eduard, anak pertama Torte kemudian melanjutkan usaha sang ayah. Ia pun memperdalam ilmu kulinernya dengan berguru pada chef di toko roti Demel. Di sini ia menyempurnakan resep cake warisan sang ayah, resep inilah yang kemudian dikenal sebagai sachertorte hingga sekarang.

Cake cokelat ini pertama kali disajikan di toko roti Demel lalu berlanjut tersaji di Hotel Sacher yang didirikan oleh Eduard pada 1876. Sejak saat itu, cake ini jadi salah satu kue yang paling populer di Wina.
Kini Mendunia, Sachertorte Pertama Kali Dibuat Chef Magang Usia 16 TahunFoto: iStock

Sachertorte terbilang cake sederhana yang terdiri dari cake cokelat padat yang diberi lapisan selai aprikot lalu diguyur cokelat hitam yang berlimpah. Lambat laun, cokelat yang digunakan untuk melapisi cake ini diolah dengan campuran krim tanpa pemanis.

Cake ini semakin populer karena Wina dipenuhi kedai kopi, orang banyak menikmati kopi dengan sepotong cake cokelat. Di Hotel Sacher sendiri, dalam setahun setidaknya mampu membuat 360.000 cake yang diolah 41 karyawannya.

Baca juga : Chiffon Cake hingga Tiramisu, Kue Jadul yang Kini Masih Diburu

Saat ini sachertorte bukan hanya populer di Wina, cake ini bahkan sudah mendunia. Awalnya kue ini dinikmati di Jerman, Italia, Prancis, Amerika dan beberapa negara Asia. Kini sachertorte juga masih jadi primadona di Indonesia. Banyak toko klasik hingga modern yang masih menghadirkan sachertorte sebagai cake klasik.

Cake yang identik dengan bentuk bulat ini punya karakter rasa cokelat yang pekat. Lapisan ganache cokelat yang berlimpah membuat orang ketagihan dengan rasanya. Di Jakarta dan kota besar lain di Indonesia, Sachertorte juga populer. Masih banyak ditawarkan bakery dan hotel berbintang sebagai cake Eropa klasik yang istimewa.

Simak Video "Redakan Gerah dengan Segarnya Rujak Es Krim Pakualaman"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)