Pastry Eropa yang Populer

Resep Black Forest Cake Ternyata Sudah Dibuat Sejak 1915

Devi Setya - detikFood Selasa, 20 Agu 2019 17:35 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Black forest jadi cake klasik yang sampai sekarang masih memiliki banyak penggemar. Tahukah Anda kalau cake ini sudah dibuat sejak 1915?

Kini black forest cake masih eksis mejeng di rak-rak toko kue klasik hingga modern. Di Indonesia ternyata black forest masih jadi daftar kue teratas yang banyak dicari, terutama sebagai hadiah ulang tahun.

Kue lembut dengan lapisan krim, buah cherry hitam kalengan serta cokelat berlimpah ini ternyata punya sejarah panjang. Awalnya kue ini dikenal dengan sebutan Schwarzwalder Kirshtorte yang banyak dikonsumsi di Jerman.
Resep Black Forest Cake Ternyata Sudah Dibuat Sejak 1915Foto: iStock

Baca juga : Asyiknya Mengintip Rahasia Black Forest Cake

Schwarzwalder Kirshtorte juga bukan berupa cake seperti black forest yang kita kenal saat ini. Dahulu Schwarzwalder Kirshtorte hanyalah kudapan manis yang terbuat dari krim, buah cherry dan kirschwasser atau air sari buah cherry.

Schwarzwalder Kirshtorte sendiri dalam bahasa Indonesia berarti kue cherry hutan berwarna hitam. Sari buah cherry ini banyak diproduksi di daerah Schwarzwald, daerah di Jerman yang juga dikenal dengan sebutan Black Forest.
Resep Black Forest Cake Ternyata Sudah Dibuat Sejak 1915Foto: iStock

Penggunaan cherry yang berlimpah pada kudapan ini membuatnya lambat laun disebut sebagai black forest. Kepopuleran kue ini semakin melesat karena kandungan alkohol dalam sari buah cherry membuat kue ini semakin digemari.

Pada tahun 1915, seorang ahli kue bernama Josef Keller mengklaim kalau dirinya adalah orang yang menemukan resep black forest. Ia juga mengaku menyajikan kue ini di Cafe Agner di Bad Godesberg yang lokasinya sekitar 500 km dari kawasan Black Forest.

Pada 1934 ditemukan catatan tentang Schwarzwalder Kirshtorte yakni kue yang dibuat dengan menggunakan banyak cherry. Puncak popularitas kue ini ada pada tahun 1949 dimana black forest masuk dalam urutan kue Jerman yang paling terkenal.

Kue ini lantas menjelajah ke berbagai negara dan rasanya diterima oleh masyarakat di seluruh Jerman, Austria hingga Swiss. Pada masa itu black forest sukses memenuhi setiap rak toko kue.
Resep Black Forest Cake Ternyata Sudah Dibuat Sejak 1915Foto: iStock

Saking populernya, pemerintah daerah Scwarzwald (Black Forest) menggelar festival Black Forest mulai tahun 2006. Festival ini digelar setiap dua tahun sekali yang melibatkan para baker hingga pencinta black forest.

Baca juga : 5 Bakery Ini Masih Menjual Kue dan Roti Eropa yang Klasik Enak

Setelah lebih dari seabad, kini black forest masih jadi kue yang paling dicari. Rasa manis legit cokelat bercampur air sari buah cherry membuat cake ini tak lekang oleh waktu.

Sekarang bahkan banyak bakery yang menghadirkan kue ini dalam versi lebih modern. Beberapa rekor dunia seputar black forest juga pernah dibuat, salah satunya membuat black forest terbesar dengan lebar 80 meter dan berat 3.000 kilogram. Rekor ini dipecahkan pada 2006 di Jerman.



Simak Video "Black Forest dan Opera Cake Legendaris yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)