Pastry Eropa yang Populer

Chiffon Cake hingga Tiramisu, Kue Jadul yang Kini Masih Diburu

Devi Setya - detikFood Rabu, 21 Agu 2019 18:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Aneka cake seperti chiffon, tiramisu hingga sachertorte masih jadi favorit. Menilik dari sejarahnya, aneka cake ini sebenarnya sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu.

Tampaknya lidah masyarakat Indonesia cocok dengan rasa manis legit cake Eropa. Hal ini terbukti dengan tetap eksisnya aneka cake yang usianya terbilang cukup tua.

Apa saja cake legendaris yang sederhana tapi tetap eksis hingga kini?

1. Chiffon Cake
Chiffon Cake hingga Tiramisu, Kue Jadul yang Kini Masih DiburuFoto: iStock

Chiffon cake atau kue sifon banyak disukai orang karena teksturnya yang super lembut. Sejarah mencatat, kue ini sudah dibuat sejak tahun 1920 dan pertama kali dijual di Toko Kue Harry Baker.

Cake ini mencapai puncak popularitasnya sejak tahun 1950-an. Meski chiffon cake vanila adalah rasa original kue ini tapi di Eropa chiffon rasa orange dan lemon jadi primadona. Di Indonesia, chiffon dibuat dalam versi tradisional dengan menghadirkan rasa pandan.

Baca juga : 5 Bakery Ini Masih Menjual Kue dan Roti Eropa yang Klasik Enak

2. Tiramisu
Chiffon Cake hingga Tiramisu, Kue Jadul yang Kini Masih DiburuFoto: iStock

Sepotong tiramisu cake terdiri dari lapisan sponge cake lembut, cokelat, espresso dan biskuit lady finger. Tambahan mascarpone membuat tiramisu semakin lezat. Kue ini booming di Amerika pada 1980-an.

Saking enaknya tiramisu, mulai 1987 semua makanan seolah dibuat dengan menghadirkan sensasi rasa tiramisu. Tiramisu jadi dasar untuk pembuatan kue, roti, dessert, kukis hingga minuman.

3. Chocolate Lava Cake
Chiffon Cake hingga Tiramisu, Kue Jadul yang Kini Masih DiburuFoto: Istimewa

Di Indonesia, lava cake seolah baru masuk beberapa tahun ini padahal cake hangat ini sudah ada sejak awal 1990-an. Pada masanya, chocolate lava cake seolah jadi menu wajib di restoran dan kafe.

Ciri khas choco lava cake adalah lelehan adonan cokelat yang lumer begitu cake disajikan. Biasanya cake ini dilengkapi dengan es krim.

4. Viennetta
Chiffon Cake hingga Tiramisu, Kue Jadul yang Kini Masih DiburuFoto: iStock

Perpaduan es krim dan cake ini juga tak kalah populer. Es krim berbentuk cake ini paling populer pada 1995 dan sepanjang tahun 1990-an Viennetta jadi dessert yang banyak dikonsumsi.

Di Eropa, kue ini termasuk yang mewah dan berkelas. Viennetta biasa disajikan dalam bentuk irisan cake. Kue lembut yang harus tersaji dingin ini hadir di Indonesia dan tetap eksis hingga kini. Sebuah produsen es krim ternama bahkan membuat viennetta dalam versi praktis.

Baca juga : Manis Cantik Kue Belanda hingga Prancis yang Selalu Jadi Favorit

5. Sachertorte
Chiffon Cake hingga Tiramisu, Kue Jadul yang Kini Masih DiburuFoto: iStock

Resep sachertorte muncul pada awal abad ke-18, pembuatnya adalah Franz Sacher. Kue dengan coklat pekat ini punya tekstur yang padat dan chewy serta rasa cokelat yang pekat.

Bagian permukaan kue dilapisi lelehan cokelat yang dicampur krim kocok atau kini lebih dikenal sebagai ganache. Lapisan tengahnya berisi olesan tipis selai aprikot yang manis. Di Indonesia, sachertorte sudah populer sejak tahun 1980-an, hingga kini cake cokelat ini masih jadi buruan pencinta cake klasik.



Simak Video "Black Forest dan Opera Cake Legendaris yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)