Pastry Eropa yang Populer

Manis Cantik Kue Belanda hingga Prancis yang Selalu Jadi Favorit

Devi Setya - detikFood Senin, 19 Agu 2019 18:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kue dan pastry memang bukan kue asli Indonesia tapi dari Eropa. Perjalanan panjang membuat kue ini cukup punya nama dan digemari banyak orang Indonesia.

Berawal dari ratusan tahun lalu, cake dan pastry Eropa sudah lama masuk ke Indonesia. Sejarah mencatat roti dan kue Belanda sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 1930-an. Roti dan kue ini jadi santapan orang Belanda yang kemudian lambat laun dikenal orang Indonesia.

Sekitar tahun 1950-an roti-roti Belanda semakin luas dikonsumsi masyarakat Indonesia. Jika sebelumnya roti masih bertekstur keras, di tahun ini roti semakin lembut dan rasanya juga makin enak.
Manis Cantik Kue Belanda hingga Prancis yang Selalu Jadi Favorit Foto: iStock

Baca juga : 10 Cake Populer Dunia dari yang Paling Jadul Sampai Paling Baru (2)

Barulah di tahun 1970-an roti Belanda hadir dengan cita rasa yang lebih enak dan bervarian. Bukan hanya roti, aneka kue manis ala Belanda juga perlahan dikenal dan dikonsumsi banyak orang.

Sebut saja kue-kue Belanda yang masih eksis hingga kini seperti klappertart, ontbijtkoek, poffertjes dan kaastengels. Meski sudah disesuaikan dengan selera lokal, sejatinya kue-kue ini diolah dengan resep klasik yang usianya ratusan tahun.

Lain kue Belanda, lain lagi kue Prancis hingga Portugis. Di negara asalnya, aneka kue ini sudah ditemukan beratus tahun lalu namun baru dikenal masyarakat Indonesia dalam hitungan puluhan tahun.

Kendati terbilang cukup tua, aneka cake dan pastry klasik terbukti bisa terus eksis disukai. Tak jarang, cake Eropa justru jadi kue yang diandalkan ketika momen ulang tahun tiba.
Manis Cantik Kue Belanda hingga Prancis yang Selalu Jadi Favorit Foto: iStock

Cita rasa cake seperti black forest, chiffon cake, red velvet, tiramisu hingga opera cake bahkan terus jadi pilihan utama meskipun kini banyak cake kekinian memenuhi rak-rak toko kue. Cake -cake klasik ini bahkan sekarang hadir dengan varian yang lebih kekinian.

Demikian juga aneka dessert mungil ala Prancis yang hadir dengan tampilan menggoda. Ada soes, eclair, macarons, mille feuille dan aneka olahan puff pastry yang enak dan berbentuk artistik.

Keragaman kue Prancis yang menggoda ini bukan hanya jadi primadona di negara asalnya. Kreasi para pastry chef ini justru dikenal sebagai kiblatnya para chef dari berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Kini pun hadir bakery modern yang dimiliki para chef Prancis dan dibuka dengan sistem franchise.
Manis Cantik Kue Belanda hingga Prancis yang Selalu Jadi Favorit Foto: iStock

Baca juga : Pencinta Pastry Wajib Mampir ke Toko Kue Tertua di Eropa Ini (1)

Salah satu bukti kalau cake Eropa ini tetap diterima lidah masyarakat Indonesia yakni dengan masih menggeliatnya toko kue klasik di berbagai kota besar. Cake klasik ini tampaknya tetap eksis meski digempur cake kekinian yang tampil lebih modern.

Mau tahu lebih jelas tentang cake Eropa dan perkembangannya di Indonesia? Simak terus ulasan detikFood seputar cake dan pastry Eropa klasik hingga kekinian.



Simak Video "Black Forest dan Opera Cake Legendaris yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)