Pastry Eropa yang Populer

Churros hingga Egg Tart, Kue Spanyol dan Portugis yang Legit Enak

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 21 Agu 2019 18:33 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Portugal dan Spanyol pernah meninggalkan jejak sejarah di Indonesia. Karenanya ada beberapa jenis kue yang hingga kini masih dinikmati sebagian rakyat Indonesia.

Banyak kuliner atau kue khas bangsa Portugis, yang dipengaruhi oleh makanan Spanyol. Sehingga ketika bangsa Portugis sampai ke Indonesia ratusan tahun lalu, mereka mengenalkan beberapa makanan dan kue yang bertahan dan populer hingga sekarang.

Baca Juga: Manis Cantik Kue Belanda hingga Prancis yang Selalu Jadi Favorit

1. Astel de Nata
Churros hingga Egg Tart, Kue Spanyol dan Portugis yang Legit EnakFoto: Istimewa

Astel de Nata atau lebih dikenal dengan nama Egg Tart, kue yang satu ini bisa dibilang sebagai kue tradisional Portugis yang populer di Indonesia dan di beberapa negara lainnya. Astel de Nata sendiri bisa diartikan, sebagai pastry dari krim.

Kue ini ini merupakan pastry yang dibuat dengan isian krim, kemudian dicampur dengan kuning telur di atasnya. Rasanya manis dan sedikit gurih, perpaduan dari kuning telur dan krim. Bagian luarnya renyah, tapi tekstur tartnya tetap lembut dan creamy.


2. Pao de Lo

Churros hingga Egg Tart, Kue Spanyol dan Portugis yang Legit EnakFoto: Istimewa

Kue bolu sangat terkenal di Indonesia, hampir setiap daerah punya ciri khas bolu masing-masing. Ternyata kue bolu ini terinspirasi dari kue Pao de Lo asal Portugis. Nama asli bolu sendiri berasal dari bahasa Portugis, 'bolo' yang artinya kue.

Kalau di Portugal, kue bolu ini jenisnya sponge cake. bertekstur ringan yang dibuat dengan telur, tepung terigu, gula dan sedikit baking powder. Sponge cake sendiri sudah ada sejak jaman Renaissance, dan kemungkinan pertama kali ditemukan di Spanyol, negara tetangga Portugal. Banyak orang Portugal yang menyantap kue lembut ini dengan irisan buah segar, bubuk gula, hingga saus cokelat.


3. Empanada

Churros hingga Egg Tart, Kue Spanyol dan Portugis yang Legit EnakFoto: Istimewa

Empanada merupaka roti isi atau pastry, yang berisi daging atau ikan dari Spanyol tapi juga populer di Portugal. Di Indonesia, dikenal dengan nama panada, kue khas Manado. Kue ini memiliki pengaruh kuliner dari bangsa Portugis.

Bentuknya yang mirip pastel, panada ini dibuat menggunakan telur, tepung terigu, ragi, garam, gula pasir, dengan isian ikan tenggiri atau ikan cakalang sesuai selera. Rasanya enak gurih, dan empuk.


4. Churros

Churros hingga Egg Tart, Kue Spanyol dan Portugis yang Legit EnakFoto: Istimewa

Churros meruapakan pastry atau kue goreng yang populer di Indonesia. Kue ini berasal dari Spanyol, dan ada juga yang mengatakan kue ini dari Portugal. Yang jelas, kue ini sudah mendunia, dan tentunya sangat populer di Indonesia.

Untuk adonannya terbuat dari tepung, garam, hingga gula. Churros disajikan dengan saus cokelat yang meleleh dan manis, kemudian ditaburkan dengan tepung gula.


5. Bunuelos

Churros hingga Egg Tart, Kue Spanyol dan Portugis yang Legit EnakFoto: Istimewa

Bunuelos merupakan roti goreng yang banyak ditemukan di Spanyol, dan mulai populer di Indonesia. Bentuknya bulat, dan isiannya cukup beragam. Bahan-bahan yang digunakan ada tepung terigu, baking powder, garam, air hangat, hingga gula.

Setelah adonan dibentuk menjadi bulat, kemudian digoreng hingga garing dan disajikan dengan taburan gula. Roti yang satu ini populer untuk teman ngeteh atau ngopi.

Baca Juga: Berasal Dari Prancis, 5 Jenis Pastry Enak Ini Populer di Indonesia

Simak Video "Buka Gerai Flagship, 'Goola x Mangkok Ku' Siap Ekspansi ke Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)