Pastry Eropa yang Populer

Berasal Dari Prancis, 5 Jenis Pastry Enak Ini Populer di Indonesia

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 20 Agu 2019 16:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Selain kue dari Belanda, kreasi pastry dari Prancis pun digemari banyak orang Indonesia. Banyak toko kue yang menjual croissant hingga eclair.

Prancis memiliki aneka ragam pastry, yang jadi kiblat pastry di dunia. Sudah ada sejak dulu, kreasi pastry yang klasik dan legendaris asal Prancis juga diminati oleh orang Indonesia. Jenis yang paling populer ada croissant, eclair, hingga macaron.

Baca Juga: Manis Cantik Kue Belanda hingga Prancis yang Selalu Jadi Favorit


1. Croissant

Berasal Dari Prancis, 5 Jenis Pastry Enak Ini Populer di IndonesiaFoto: Istimewa

Jenis kue atau roti ini paling banyak ditemukan di toko kue, kafe, hingga tempat ngopi. Berasal dari Austria tapi dikembangkan dan populer di Prancis. Croissant terbuat dari tepung terigu, telur, ragi, dan tentunya mentega.

Bentuknya bundar dengan ujung runcing seperti tapal kuda. Teksturnya renyah di luar, dan lembut di dalam. Croissant enak dimakan polos, atau menggunakan isian krim cokelat hingga keju. Banyak juga yang mengubah croissant jadi kreasi yang unik, salah satunya cronut atau croissant donut, hingga cruffin yaitu croissant muffin.


2. Mille-Feuille

Berasal Dari Prancis, 5 Jenis Pastry Enak Ini Populer di IndonesiaFoto: Istimewa

Disebut 'Kue Seribu Daun', pastry khas Prancis ini sangat digemari di negara asalnya dan tentu juga di Indonesia. Sudah berusia ratusan tahun, kue ini terdiri dari beberapa lapisan pastry yang diisi dengan krim, dan irisan buah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pastrynya ada tepung terigu, butter, air dingin, garam, hingga gula. Isiannya berupa custard cream yang dibuat dari telur, dan kuning telur serta tambahan krim dan susu. Tekstur pastry yang tipis garing dipadu dengan custrad cream yang manis lembut.


3. Macaron

Berasal Dari Prancis, 5 Jenis Pastry Enak Ini Populer di IndonesiaFoto: Istimewa

Kue cantik penuh warna-warni cerah ini, sering disajikan di berbagai toko kue dan kafe. Macaron merupakan kue asal Prancis, yang terbuat dari bahan dasar meringue, dicampur dengan putih telur, gula, tepung almond, hingga pewarna makanan.

Biasanya kebanyakan macaron ini diisi dengan selai, atau buttercream yang manis. Kini varian rasa macaron semakin beragam, mulai dari matcha hingga strawberry. Kue ini cocok untuk jadi teman ngeteh.


4. Éclair

Berasal Dari Prancis, 5 Jenis Pastry Enak Ini Populer di IndonesiaFoto: Istimewa

Penggemar kue sus, pasti sudah tidak asing dengan Éclair. Varian choux pastry asal Prancis, yang disajikan dengan isian berbagai vla hingga lapisan cokelat leleh yang manis. Bentuknya memanjang, yang menjadi ciri khasnya sendiri.

Adonan choux paste yang dibentuk memanjang ini kini punya beragam isian dan olesan. Dikabarkan kue ini sudah berada sejak tahun 1859, dan populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia.


5. Opera Cake

Berasal Dari Prancis, 5 Jenis Pastry Enak Ini Populer di IndonesiaFoto: Istimewa

Nah, kalau kue yang satu ini biasanya jadi kue ulang tahun yang populer di Indonesia. Terkenal dengan lapisan kuenya yang banyak, Opera Cake berasal dari Prancis dan memiliki ciri khas rasa kopi yang pekat.

Lapisan dari Opera Cake sendiri biasanya sirup kopi, yang ditambah dengan buttercream dari kopi, kemudian ditambah dengan cokelat ganache. Ketika dipotong lapisan meleleh di mulut, perpaduan antara rasa kopi dan cokelat yang pas.

Baca Juga: Masion Weiner Toko Roti Eropa di Jakarta yang Berusia 83 Tahun

Simak Video "Santai Bareng Cookie Cup dan Croissant ala 'Joe & Dough'"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)