Kuliner Legendaris Indonesia

Masion Weiner Toko Roti Eropa di Jakarta yang Berusia 83 Tahun

Riska Fitria - detikFood Senin, 19 Agu 2019 10:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Pertama didirikan tahun 1936, toko kue dan roti Maison Weiner masih terus menjual roti dan kue hingga sekarang. Produksinya ditangani oleh generasi ke-3, Heru Laksana.

Beralamat di kawasan Kwitang, Jakarta Pusat, Maison Weiner merupakan toko kue dan roti tertua yang ada di Jakarta. Gaya bangunannya model kolonila, nyaris tak banyak berubah dari sejak dulu.

Ada banyak jenis roti dan kue yang ditawarkan di sini. Mulai dari roti tawar, roti manis, croissant hingga sourdough ala Eropa. Boleh dibilang semua roti dan kue klasik Belanda masih dipertahankan keasliannya hingga sekarang.
Masion Weiner Toko Roti Eropa di Jakarta yang Berusia 83 TahunFoto: dok. detikFood

Awalnya Maison Weiner didirikan oleh Lee Liang Mey atau akrab dipanggil Nyonya Gem. Saat itu, nenek dari Heru Laksana tersebut membantu orang Belanda untuk membuat kue. Kemudian, Nyona Gem disarankan oleh orang Belanda tersebut untuk membuka bakery.

"Waktu itu orang Belanda nanya ke nenek saya 'kok kamu gak buka bakery aja?' Tapi, nenek saya bilang gak ada modal untuk beli alat. Terus orang Belanda itu bilang 'cicil aja beli di pasar Gambir'," ujar Heru Laksana kepada detikFood (15/8).

Akhirnya dengan modal seadanya, Nyona Gem pun tertarik dan mulai menyicil peralatan seperti mesin untuk membuat roti dan kue. Hingga akhirnya berdirilah Maison Weiner di tahun 1936.
Masion Weiner Toko Roti Eropa di Jakarta yang Berusia 83 TahunFoto: dok. detikFood

Kini bakery legendaris ini dikelola oleh cucunya sendiri, Heru Laksana yang merupakan generasi ke-3 dari Nyonya Gem. Ketertarikan Heru untuk meneruskan bisnis dari neneknya ini lantaran keinginan Heru agar dunia bakery di Indonesia dapat maju dan berkembang pesat.

Dulu Maison Weiner terkenal dengan sajian kue kering dan roti tawar bergaya Eropa yang dipadukan dengan rasa Indonesia. Namun, semakin berjalannya waktu inovasi pun semakin bertambah, sehingga Maison Weiner juga mengeluarkan roti dan kue manis.

Baca Juga : Toko Roti Jadul Puluhan Tahun Ini Masih Jual Roti Hangat Tiap Hari

Kini, Maison Weiner terkenal dengan roti sourdough ala Eropa. Roti jenis itu dibuat oleh Heru sendiri dengan proses pembuatan yang memakan waktu berjam-jam hingga satu malam.
Masion Weiner Toko Roti Eropa di Jakarta yang Berusia 83 TahunFoto: dok. detikFood

"Saya belajar bakery saat kuliah di luar negeri, jadi saya tahu membuat itu," ujar Heru.

Lebih lanjut, Heru juga menjelaskan bahwa proses pembuatan roti sourdough memang memakan banyak waktu. Itu lantaran perlu dilakukan fermentasi dengan menggunakan biang agar teksturnya lebih halus dan lembut.

"Prosesnya adonan diaduk dan dikembangkan, ada lagi yang harus dibuat biangnya dulu, kemudian dikembangkan lagi dan difermentasi hingga semalaman,"
Masion Weiner Toko Roti Eropa di Jakarta yang Berusia 83 TahunFoto: dok. detikFood

Selain itu, juga ada roti dan kue manis, seperti roti cokelat almond, roti bloeder keju, kue soes, ontbitjkoek dan masih banyak lagi.

Roti dan kue tersebut terasa empuk dengan tekstur yang lembut dan halus. Isian dalam roti juga sangat melimpah. Yang menarik, ontbitjkoek, kue Belanda masih dibuat dengan racikan rempah yang wangi dan kuat. Kue inipun masih banyak penggemarnya.

Harga yang ditawarkan juga bervariasi, mulai Rp. 12.000 hingga ratusan ribu, tergantung pada jenis dan proses pembuatan roti dan kue itu sendiri. Maison Weiner juga menyediakan beberapa meja dan bangku di dalamnya, agar pengunjung dapat menikmati hidangan roti dan kue di tempat.

Maison Weiner
Jl. Kramat II No.2, RT.6/RW.7, Kwitang
Jakarta Pusat
(021) 3906719

Baca Juga : Empuk Legit Kue Balok Legendaris di Pasar Lembang



Simak Video "Merasakan Segarnya Laksa Tangerang yang Tak Ada Duanya"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)