Kuliner Legendaris Indonesia

Nostalgia dengan Makanan Populer di Jakarta, Soto, Sate hingga Asinan

Devi Setya - detikFood Minggu, 18 Agu 2019 12:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Salah satu kunci sukses mempertahankan usaha kuliner selama puluhan tahun adalah konsistensi rasa. Di Jakarta ada banyak warung makan legendaris yang sajikan makanan enak.

Kedai soto Roxy H. Darwasa atau Nasi Goreng Kebon Sirih jadi dua diantara sederet kuliner legendaris yang sudah eksis sejak puluhan tahun lalu. Mau nostalgia dengan makanan yang terjaga kelezatannya puluhan tahun? Yuk sambangi 5 warung makan ini.

1. Soto Roxy H. Darwasa (1949)
Nostalgia dengan Makanan Populer di Jakarta, Soto, Sate hingga AsinanFoto: Instagram

Rahasia kelezatan soto Betawi racikan H. Darwasa ini sudah melegenda sejak 1949. Hingga kini kedai sederhana soto Roxy masih terus jadi buruan pencinta soto.

Soto berkuah santan di sini punya rasa kaldu yang gurih dan unik. Rasanya yang beda, berasal dari campuran kacang tanah rebus yang dicampur dalam kuah. Daging sapi empuk yang digunakan pada soto ini juga berlimpah. Tak heran kalau pembelinya rela antre demi mencicip soto ini.

2. Sate dan Sop Kambing H. Mansur (1990)
Nostalgia dengan Makanan Populer di Jakarta, Soto, Sate hingga AsinanFoto: dok. detikFood

Sate dan sop kambing di warung H.Mansur memang tak boleh dilewatkan. Empuk juicy daging kambing semakin enak karena disajikan dengan sambal kecap dan irisan cabai rawit.

Warung yang sudah ada sejak 1990 ini juga punya menu sop kambing berkuah bening. Potongan daging kambing empuk berpadu dengan rasa rempah yang kuat. Penggunaan bumbu yang berlimpah membuat racikan kambing di sini sama sekali ta berbau.

Baca juga : Sate H. Mansur: Nyuus! Empuknya Daging Kambing Muda di Warung Sate Legendaris

3. Restoran Trio (1947)
Nostalgia dengan Makanan Populer di Jakarta, Soto, Sate hingga AsinanFoto: dok. detikFood

Restoran yang menghadirkan menu khas Kanton ini sudah ada sejak 1947. Meski tampilannya kuno tapi pengunjungnya tak pernah sepi meski sekarang sudah berusia 71 tahun.

Beberapa menu andalan di resto ini adalah lumpia udang, sup asparagus telur kepiting, ayam wud kee hingga fuyunghai versi klasik.

Baca juga : Menikmati Hidangan Kanton Autentik dari Resto Legendaris di Jakarta

4. Nasi Goreng Kebon Sirih (1958)
Nostalgia dengan Makanan Populer di Jakarta, Soto, Sate hingga AsinanFoto: dok. detikFood

Nasi Goreng yang dipelopori Haji Nein ini sudah tersohor sejak 1958. Bumbu yang kuat dengan rasa rempah membuat nasi goreng ini jadi buruan para pencinta kuliner Jakarta.

Nasi goreng yang ada di kawasan Kebon Sirih ini tak pernah sepi pengunjung jelang malam. Berbeda dengan nasi goreng yang diracik satu per satu, di sini nasi gorengnya dimasak sekaligus dalam jumlah banyak dalam wajan yang super besar. Tambahan minyak samin juga membuat nasi goreng ini semakin nikmat.

Baca juga : Nasi Goreng Kambing Racikan Haji Nein yang Tersohor Sejak Tahun 1958

5. Asinan Betawi H. Mansyur (1970)
Nostalgia dengan Makanan Populer di Jakarta, Soto, Sate hingga AsinanFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Asinan Betawi yang satu ini sudah ada sejak tahun 1970an. Kedai asinan H. Mansyur ini juga dikenal dengan sebutan asinan kamboja karena lokasinya ada di Jalan Kamboja, Jakarta Timur.

Ada asinan buah dan asinan sayuran di sini. Kuah kental yang asam pedas ini dilengkapi dengan kerupuk yang membuatnya makin spesial.

Baca juga : Asinan Kamboja : Ini Dia Asinan Sayur dan Buah Khas Betawi Legendaris Punya Haji Mansyur

Simak Video "Ada Kuliner Enak Dekat Halte Trans Jakarta Nih!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)