Restoran di Afrika Selatan Ini Hanya Sajikan Makanan dari Serangga

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 18 Agu 2019 13:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kaya akan protein, serangga semakin dilirik jadi menu makanan utama. Kini hadir restoran di Afrika Selatan, yang khusus menyajikan hidangan dari serangga.

Salah satu perusahaan asal Afrika Selatan, bernama Gourmet Grubb, mempromosikan makanan alternatif protein menggunakan serangga. Makanan ini ditampilkan dalam restoran pop-up, yang hanya menjual makanan berbahan dasar serangga saja.

Baca Juga: Perusahaan Ini Buat Es Krim Bukan Pakai Susu Tetapi Belatung
Restoran di Afrika Selatan Ini Hanya Sajikan Makanan dari SeranggaFoto: iStock

Dikabarkan UPI (12/08), restoran ini bernama 'The Insect Experience', didirikan di dalam GoodFood Hall, yang ada di Cape Town. Restoran ini sudah beroperasi sejak tanggal 11 Juli 2019 lalu. Menawarkan beragam serangga yang sudah diolah jadi makanan dan camilan tinggi protein, ditampilkan di sini.

Perusahaan Gourmet Grubb, yang didirikan oleh ilmuwan makanan bernama Leah Bessa ini. Juga menawarkan susu ramah lingkungan, bernama EntoMilk. Susu ini juga terbuat dari serangga, salah satunya lalat jenis black soldier fly. Tersedia juga es krim rendah lemak, dari produk yang sama.

"Kami ingin mencoba menciptakan makanan protein alternatif yang layak, dan berkelanjutan. Sehingga dengan membuat perubahan yang positif ini, bisa membawa perubahan di masa depan," tutur Bessa.
Restoran di Afrika Selatan Ini Hanya Sajikan Makanan dari SeranggaFoto: Istimewa

Salah satu menu yang bisa dicoba di sini, ada kroket ini larva lalat, lalu ulat yang digoreng kering, hingga aneka pasta dengan tambahan cacing goreng.

The Insect Experience restoran sendiri, jadi restoran serangga pertama yang hadir di Afrika Selatan, yang kaya protein. Sayangnya restoran ini hanya bersifat sementara saja, dan akan dibuka hingga pertengahan tahun 2020 mendatang.

Sebelumnya U.N. Food and Agriculture Organization menyebutkan ada lebih dari 1.900 spesies serangga, yang aman untuk dikonsumsi oleh manusia.
Restoran di Afrika Selatan Ini Hanya Sajikan Makanan dari SeranggaFoto: Istimewa

The Insect Experience bukan restoran pertama yang menggunakan serangga sebagai menu mereka, sebelumnya perusahaan asal Afrika juga membuat terobosan terbaru. Di mana mereka membuat es krim ramah lingkungan, menggunakan belatung tanpa susu.

Baca Juga: Hii Ngeri! Ratu Serangga Ini Santap 8 Jenis Serangga Sekaligus

Simak Video "Mau Makan Roti dari Tepung Jangkrik?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)