Perusahaan Ini Buat Es Krim Bukan Pakai Susu Tetapi Belatung

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 14 Mei 2019 12:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Semakin banyaknya orang yang memiliki intoleransi makanan. Membuat banyak produsen makanan beralih menggunakan bahan alternatif, salah satunya belatung.

Intoleransi makanan berbeda dengan alergi makanan. Intoleransi makanan ini merupakan respons dari sistem pencernaan, sehingga ada beberapa makanan yang tidak bisa diterima oleh tubuh.

Baca Juga: Wouw! Pizza Ini Ludes Digerogoti Ribuan Belatung Dalam 2 Jam

Salah satunya ada laktosa intoleran di mana tubuh menolak untuk mencerna laktosa, yang ada di dalam produk susu. Membuat perusahaan dari Cape Town University Of Technology, Afrika ini meluncurkan es krim dengan bahan terbaru tanpa menggunakan susu sama sekali.
Perusahaan Ini Buat Es Krim Bukan Pakai Susu Tetapi BelatungFoto: Istimewa
Dikabarkan Ladbible (12/05), perusahaan ini membuat es krim dari campuran larva dari lalat hitam. Belatung ini kemudian dihaluskan, dan dicampur dengan bahan-bahan natural lainnya kemudian diolah menggunakan mesin es krim. Sehingga rasanya tidak seperti belatung, dan tetap memiliki rasa normal seperti es krim pada umumnya.

Meski masih dalam tahap pengembangan, tapi perusahaan ini sudah mengumumkan akan meluncurkan beberapa varian rasa. Seperti cokelat, selai kacang, hingga Christmas spices di mana semua es krim ini punya rasa yang kuat, sehingga membuat orang lupa bahwa es krim ini terbuat dari belatung.

Untuk meyakinkan bahwa belatung adalah pilihan makanan alternatif yang baik, untuk menggantikan susu. Menurut Leah Bessa, kepala pengembangan produk di Gourmet Grubb, yang membuat es krim dari serangga mengatakan bahwa serangga dan belatung lebih ramah lingkungan.
Perusahaan Ini Buat Es Krim Bukan Pakai Susu Tetapi BelatungFoto: Istimewa
"Serangga lebih ramah lingkungan, dan berkelanjutan untuk diternak karena menggunakan sedikit tanah, air, dan makanan, agar mereka bisa tumbuh," tutur Leah.

"Serangga tidak terancam dengan perubahan iklim, karena Anda bisa menumbuhkannya di lingkungan yang terkendali, semacam daerah tertutup. Jadi Anda tidak terganggu dengan perubahan iklim, di mana itu adalah hal yang bagus. Apalagi serangga memproduksi banyak protein, lemak, dan mineral," lanjut Leah.

Untuk masalah rasa es krim dari belatung ini, tak perlu khawatir. Karena sudah banyak orang yang mencobanya, dan menurut mereka rasanya sama seperti es krim pada umumnya. Bahkan rasanya jauh lebih organik dan unik.
Perusahaan Ini Buat Es Krim Bukan Pakai Susu Tetapi BelatungFoto: Istimewa
Es krim belatung ini nantinya akan dipasarkan di Inggris dan Amerika. Ketika semua produk dan pengembangan sudah selesai.

Es krim bukan satu-satunya yang dibuat menggunakan belatung. Sebelumnya para peneliti dari Australia, menggabungkan serangga seperti belatung hingga belalang ke dalam sejumlah makanan khusus. Salah satunya sosis.

Baca Juga: Disebut Pengganti Daging, Belatung Akan Ditambahkan ke Dalam Sosis (sob/odi)