Wouw! Pizza Ini Ludes Digerogoti Ribuan Belatung Dalam 2 Jam

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 08 Feb 2019 11:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Belatung atau larva memiliki kemampuan untuk menghabiskan makanan. Ternyata satu loyang pizza mampu dihabiskan oleh sepuluh ribu belatung dalam waktu dua jam.

Rekaman time-lapse, atau video cepat menunjukkan ribuan belatung yang menghabisi satu loyang pizza utuh dalam waktu singkat. Para peneliti di Georgia Tech di Atlanta, Amerika, menganalisa ribuan belatung ini ketika mereka tengah menyantap pizza yang diletakkan di tengah-tengah mereka.

Baca Juga: Waduh! Wanita Ini Temukan Belatung Hidup di Anggur Kemasan
Foto: Istimewa
Ribuan belatung yang mirip seperti air mancur ini rupanya punya pola makan yang unik. Setiap belatung mengambil waktu sekitar lima menit untuk menikmati pizza tersebut, lalu setelah itu membiarkan belatung yang lain menyantapnya.

Belatung ini berasal dari larva lalat jenis 'black soldier fly', belatung jenis ini terkenal dengan keahlian mereka saling berbagi makanan kepada belatung yang lain. Jadi setelah belatung ini merasa kenyang, mereka akan menggantikannya dengan belatung lain hingga makanan itu habis.

Dikabarkan Daily Mail UK (06/02), penelitian ini dilakukan bukan tanpa alasan. Para peneliti ini memahami lebih dalam proses makan para belatung ini, sehingga di masa depan para belatung dan hewan lainnya bisa digunakan untuk mengatasi limbah makanan yang emakin menumpuk.
Foto: Istimewa
Lewat video eksperimen yang diterbitkan oleh Royal Society, hasilnya menunjukkan bahwa memang ada kekacauan yang terjadi ketika pizza pertama kali diletakan di kandang mereka. Namun, ada pola ketertiban di antara serangga muda.

"Secara individu setiap belatung menghabiskan waktu selama lima menit di dalam pizza itu, dan 44% dari populasi belatung yang ada di sana selalu berada di dekat makanan," tutur hasil penelitian tersebut.
Foto: Istimewa
Sebagaimana diketahui sebelumnya belatung dari black soldier fly (Hermetia illucens), menetas, hidup, dan makan bersama dalam satu kelompok besar berjumlah ratusan hingga ribuan. Setidaknya setiap belatung mampu menghabiskan makanan dua kali lipat, dari massa tubuh mereka dalam sehari.

Sehingga belatung-belatung ini dinilai bisa mengatasi limbah makanan, sekaligus menyelamatkan lingkungan.

Baca Juga: Rayakan Hari Jadian dengan Makan Steak, Pasangan Ini Temukan Belatung di Dalam Daging

(sob/odi)