4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Masak Pasta

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 16 Agu 2019 11:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Meski terlihat mudah, ternyata masih banyak kesalahan yang dilakukan saat memasak pasta. Apa saja kesalahan tersebut?

Menurut Albert Di Meglio, pencinta pasta sekaligus chef di New York, dua kesalahan paling umum yang sering terjadi ketika memasak pasta. Ketika seseorang menambahkan terlalu banyak garam dan tidak mendapatkan konsistensi saus pasta yang tepat.

Bukan hanya itu, Di Meglio juga menjelaskan apa saja kesalahan lain yang sering dilakukan saat membuat pasta seperti dikabarkan Today (12/8).

Baca Juga: 6 Kesalahan Umum yang Sering Terjadi Saat Memasak

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Masak PastaFoto: iStock

1. Menambahkan terlalu banyak garam

Menurut Di Meglio, jenis garam yang digunakan ternyata dapat mempengaruhi rasa akhir pasta. Jadi ia menjelaskan ketika ingin merebus sekotak pasta dengan 3,7 liter air, maka lebih baik Anda menambahkan 2-3 sendok makan garam.

Penting juga untuk dicatat bahwa garam harus ditambahkan ke air sebelum pasta ditambahkan, bukan setelah pasta direbus.

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Masak PastaFoto: iStock

2. Tambahkan garam ekstra ke air sebelum memasak pasta segar

Untuk mendapatkan rasa pasta yang diinginkan, Di Meglio menjelaskan cara memasak pasta segar yang enak. Menurutnya lebih baik menambahkan garam lebih ke adonan pasta dibanding menambahkan garam ke air rebusan pasta.

"Jangan asinkan air rebusannya saat kamu membuat pasta. Namun lebih baik beri garam di adonannya," kata Di Meglio.

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Masak PastaFoto: iStock

3. Tuang saus di atas pasta yang sudah matang kemudian hidangkan segera

Dalam membuat pasta, mungkin seringkali Anda memasak pasta dan saus secara terpisah, dan kemudian menggabungkannya ketika sebelum disajikan. Namun menurut Di Meglio itu adalah kesalahan terbesar. Sebab hal itu tidak memungkinkan pasta untuk menyerap rasa saus secara maksimal.

Di Meglio menyarankan masak pasta yang sudah matang bersama sausnya selama 6-7 menit. Sementara pasta segar kira-kira butuh waktu 3-4 menit untuk menyerap rasa saus.

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Masak PastaFoto: iStock

4. Membuang air pasta

Saat selesai merebus pasta, sering kali Anda membuang air bekas rebusan pasta tersebut. Padahal menurut Di Meglio, air ini asin dan bertepung yang artinya dapat menambahkan banyak rasa pada saus apa pun dan membantu mencapai konsistensi saat dimasak dengan pasta.

Jadi ketika Anda sedang mengeringkan pasta, lebih baik airnya disimpan. Kemudian di tahap akhir memasak, tambahkan air ini ke saus pasta. Sebab pati di dalam air tersebut dapat membantu saus menyerap lebih baik dan bisa menjadi zat pengental untuk hasil akhir pasta.

Baca Juga: Bisa Jadi Anda Sering Lakukan 8 Kesalahan Ini Saat Memasak



Simak Video "Lezat Menggoda Nasi Uduk Pulen Dipadu dengan Cumi Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)