Atasi Perubahan Iklim, Daging Sapi Dilarang Dikonsumsi di Kampus Ini

Devi Setya - detikFood Kamis, 15 Agu 2019 15:15 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Sebuah universitas di London punya aturan unik untuk menjaga lingkungan. Siapapun dilarang makan daging sapi selama ada di area kampus.

Dikabarkan CBS News (15/8) Universitas Goldsmith yang masih bagian dari London University melarang menu daging sapi di kampusnya. Semua menu daging mulai dari burger, burrito dan makanan yang mengandung daging tidak akan lagi boleh disajikan dan dinikmati di area kampus.

Aturan baru ini berlaku mulai September 2019 mendatang. Upaya ini dilakukan pihak kampus sebagai bagian dari misi untuk mengurangi zat karbon pada tahun 2025.
Atasi Perubahan Iklim, Daging Sapi Dilarang Dikonsumsi di Kampus Ini Foto: istimewa

Baca juga : Kurangi Konsumsi Daging Bisa Cegah Perubahan Iklim Global yang Ekstrem

Pihak kampus bukan hanya melarang makanan berbahan daging sapi, berbagai upaya juga turut dilakukan. Seperti memasang panel tenaga surya, menanam lebih banyak pohon hingga menggunakan 100 % energi alam.

Di kampus ini juga menekan penggunaan plastik dengan cara menjual air kemasan dengan harga tingi. "Seruan secara global membuat kami mengambil langkah untuk turut bertanggung jawab menghentikan perubahan iklim," kata Profesor Frances Corner.

Dikabarkan, saat ini Goldsmith University setidaknya memancarkan 3,7 juta kilogram emisi karbon setiap tahunnya. Dengan melakukan beberapa aksi ini diharapkan terjadi pengurangan emisi karbon.
Atasi Perubahan Iklim, Daging Sapi Dilarang Dikonsumsi di Kampus Ini Foto: istimewa

Lantas apa hubungannya dengan larangan makan daging sapi? Menurut penelitian dalam Jurnal Science, produksi sapi menghasilkan sekitar 105 kilogram gas rumah kaca per 100 gram daging sapi.

Langkah pengurangan konsumsi daging sapi ini dipuji oleh aktivis lingkungan hidup. Juru kampanye iklim GreenPeace UK, Rosie Rogers mengatakan sangat senang melihat tindakan yang diambil Goldsmith.

"Kami mengajak orang lain untuk lebih sadar lingkungan dan mengikuti jejak kampus ini," pungkas Rogers.

Baca juga : Perubahan Iklim Global Sebabkan Pasokan Sayuran Dunia Turun

Simak Video "Kenali Jenis Potongan Olahan Sapi dan Kambing yang Pas"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)