Perubahan Iklim Global Sebabkan Pasokan Sayuran Dunia Turun

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 13 Jun 2018 14:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pasokan sayur global diprediksi berkurang sebesar 35%. Sedangkan kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan lentil hanya sebesar 9%. Apa penyebabnya?

Sebuah penelitian yang dilakukan Dr Pauline Scheelbeek menyebutkan kalau perubahan suhu hingga kelangkaan air jadi ancaman dalam produksi pertanian global.
Perubahan Iklim Global Sebabkan Pasokan Sayuran Dunia TurunFoto: Istimewa
"Penelitian kami menunjukkan bahwa perubahan lingkungan seperti peningkatan suhu dan kelangkaan air dapat menjadi ancaman nyata bagi produksi pertanian global. Hal ini memungkinkan dampak lebih pada keamanan pangan dan kesehatan penduduk," ungkap Dr Pauline Scheelbeek dari London School of Hygiene and Tropical Medicine (LSHTM) pada Metro UK (11/6).

Sayur dan kacang-kacangan merupakan komponen penting dalam kehidupan manusia. Kedua bahan ini sangat menyehatkan. Ada banyak kandungan nutrisi pada sayuran yang dibutuhkan tubuh. Sehingga bisa berakibat buruk jika keduanya jadi bahan yang langka.

Baca juga: Persediaan Champagne Menipis Akibat Cuaca Buruk

Penelitian sebelumnya mengatakan kalau karbondioksida yang dihasilkan emisi gas rumah kaca bisa meningkatkan hasil panen. Tapi hal itu dibantah oleh penelitian terbaru. Di tahun 1975, sebuah penelitian mengatakan kalau karbondioksida yang bantu proses tanam bisa terhalang dengan efek lingkungan lain.

Para peneliti melakukan pengamatan di 40 negara. Mereka mengamati efek perubahan lingkungan pada kualitas hasil tani terutama sayuran. Mereka juga memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi produksi tanaman. Seperti peningkatan kadar gas rumah kaca, berkurangnya ketersediaan air serta kenaikan suhu.

Penelitian tersebut dikepalai oleh Dr Howie Frumkin, bagian dari program Our Planet yang didanai oleh Wollcome Trust. "Penelitian ini jadi panggilan sekaligus menggarisbawahi pentingnya menanggulangi perubahan iklim dan meningkatkan proses pertanian," ungkap Dr Howie.
Perubahan Iklim Global Sebabkan Pasokan Sayuran Dunia TurunFoto: Istimewa
Menurut salah satu penulis jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences itu, harus ada varietas baru untuk melindungi persediaan sayuran. Profesor Alan Dangour dari LSHTM juga mengatakan kalau orang perlu mendukung semua yang meningkatkan pertanian. Karena menurutnya sudah banyak bukti nyata terkait persediaan sayuran global yang menipis.

"Pentingnya tindakan yang harus diambil termasuk bekerja untuk menyuport sektor pertanian untuk melawan perubahan iklim dan ini harus jadi prioritas pemerintah di seluruh dunia," ungkap Alan.

Baca juga: 9 Makanan Ini Jadi Langka dan Mahal Akibat Perubahan Iklim (1) (dvs/dvs)