Hari Gajah Sedunia, Gajah di China Pesta 3 Ton Buah

Devi Setya - detikFood Rabu, 14 Agu 2019 19:30 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Setidaknya ada 20 gajah di China yang mendapat jamuan makan spesial di Hari Gajah Sedunia (12/8). Puluhan gajah ini berpesta dengan 3 ton buah. Wow!

Hari Gajah Sedunia diperingati setiap tanggal 12 Agustus. Di hari gajah ini, petugas penangkaran gajah di Provinsi Yunnan, China menghidangkan aneka buah-buahan lezat untuk gajah-gajah di sini.

Xishuangbanna Wild Elephant Valley dikenal sebagai kawasan hutan lindung untuk jenis gajah Asia. Setidaknya ada 20 gajah yang berpesta dengan santapan buah segar seperti pisang, apel, semangka, nanas, buah naga hingga wortel.
Hari Gajah Sedunia, Gajah di China Pesta 3 Ton BuahFoto: istimewa

Baca juga : Pecahkan Rekor Dunia, Mozaik Gajah Ini Dibuat dari Ribuan Makanan Kaleng

Tak tanggung-tanggung, buah dan sayuran ini memiliki berat sampai 3 ton. Buah-buahan ditata di meja panjang, sementara para gajah berbaris rapi di belakang meja sambil menyantap aneka buah ini.

Gajah dengan berbagai ukuran dan usia, seolah kompak menyantap makanan secara perlahan. Mereka mengambil makanan menggunakan belalai dan menyuapkannya langsung ke rongga mulutnya.

Setiap gajah didampingi seorang pawang yang menjaganya. Meski berada di kawasan penangkaran, gajah-gajah ini biasanya dilepas liarkan di area hutan namun tetap mendapat asupan makanan.

Pemandangan ini jadi hal menarik bagi pengunjung hutan lindung. Beberapa orang bahkan tak sungkan ikut menyuapi gajah-gajah ini sambil mengabadikannya lewat video.
Hari Gajah Sedunia, Gajah di China Pesta 3 Ton BuahFoto: istimewa

Di China sendiri, gajah Asia jadi hewan yang dilindungi. Di Provinsi Yunnan tercatat ada sekitar 300 ekor gajah yang hidup secara liar.

Hari Gajah Sedunia mulai ditetapkan sejak 12 Agustus 2012. Tujuan diperingati hari gajah sedunia adalah untuk lebih menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga spesies gajah Asia dan Afrika dari kepunahan.

Gajah termasuk hewan yang banyak diburu manusia untuk diambil gadingnya. Populasi gajah juga terus menurun akibat kesulitan mencari makanan di kawasan hutan yang semakin hari semakin tergerus.

Baca juga : Bukan Rumput, Kambing Asal China Ini Doyan Curi Makanan Manusia



Simak Video "Ini Dia ''Gajah Mada'', Durian Terbaik dari Purworejo"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)