Pecahkan Rekor Dunia, Mozaik Gajah Ini Dibuat dari Ribuan Makanan Kaleng

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 23 Mar 2019 09:18 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Lewat ribuan kaleng makanan, mozaik berukuran hampir 10 meter ini berhasil dibuat. Mozaik ini berbentuk gajah Afrika, dengan penuh warna cantik.

Terletak di Santa Monica Pier, Amerika, organisasi makanan bernama DoorDash baru saja memecahkan rekor dunia. Mereka berhasil membuat mozaik penuh warna, berbentuk hewan gajah yang terdiri dari susunan lebih dari 6.500 kaleng makanan.

Baca Juga: Keren! Ini Dia 9 Mozaik yang Terbuat Dari Permen dan Cokelat

Mozaik ini merupakan bagian dari program inisiatif yang dilakukan Dash. Program ini berfokus pada penanggulangan limbah makanan, guna memerangi epidemi kelaparan di Amerika. Hasilnya mozaik ini berhasil masuk ke dalam daftar Guinness World Records, sebagai mozaik terbesar di dunia yang menggunakan kaleng makanan.
Pecahkan Rekor Dunia, Mozaik Gajah Ini Dibuat dari Ribuan Makanan KalengFoto: Istimewa
Dikabarkan Guinness World Record (18/03), ukuran mozaik ini berkisar 6.70 meter x 7.82 meter. Dengan berat mencapai 2,700 kg. Tujuan pembuatan mozaik ini, untuk menggambarkan berat makanan yang telah diselamatkan, dan disumbangkan ke orang-orang yang membutuhkan. Total ini setara dengan 48 gajah di Afrika.

Setidaknya organisasi DoorDash telah menyelamatkan lebih dari 325.000 kg makanan, yang masih bisa dikonsumsi. Jumlah makanan ini kemudian disumbangkan ke ribuan orang, terutama ke keluarga yang kekurangan makanan dan menderita kelaparan.
Pecahkan Rekor Dunia, Mozaik Gajah Ini Dibuat dari Ribuan Makanan KalengFoto: Istimewa
Setelah dihitung, totalnya ada 6,853 kaleng makanan yang digunakan untuk membuat mozaik ini. Jenis makanan kalengnya pun beragam, ada kacang, sup, hingga lentil.

Mozaik dari makanan memang bukan hal yang baru lagi. Sebelumnya ada mozaik lukisan Mona Lisa setinggi 10,7 meter, yang terbuat dari 23,360 susunan kerupuk beras. Mengalahkan rekor dunia sebelumnya yang hanya mencapai 8 meter saja.

Baca Juga: Wouw! Lukisan Mona Lisa 10,7 Meter Ini Dibuat dari Kerupuk Beras


(sob/odi)