Kuliner Legendaris Indonesia

5 Racikan Soto Tempo Dulu dari Kota Hujan yang Bikin Nagih

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 14 Agu 2019 18:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bogor jadi surganya kuliner legendaris. Di sini banyak penjaja makanan sudah berjualan sejak beberapa dekade lalu. Termasuk penjual soto di 5 tempat ini.

Semangkuk soto hangat selalu menjadi incaran untuk mengisi perut. Di Kota Hujan, ada beberapa penjual soto legendaris. Racikan sotonya wajib dicicip para penggemar soto. Ada soto kuning dengan kuah santan hingga soto mie yang bening menyegarkan.

Baca Juga: Hangatkan Pagi dengan Sarapan Bubur Ayam Legendaris di 5 Tempat Ini

1. Soto Kuning Pak Yusup

5 Racikan Soto Tempo Dulu dari Kota Hujan yang Bikin NagihFoto: Istimewa

Foto: Instagram ivenakristine
Saat membicarakan soto legendaris di Bogor, banyak orang langsung teringat Soto Kuning Pak Yusup yang sudah ada sejak 1977. Soto kuning di sini selalu laris diantre pembeli. Lokasinya ada di kawasan kuliner Bogor, Surya Kencana.

Meski hanya di gerobak, banyak orang jatuh cinta dengan soto kuning yang gurih kental di sini. Isian soto kuning bisa dipilih sesuai selera seperti kikil, lidah, babat, otak, limpa, paru, atau usus sapi. Tak lupa tambahan emping yang renyah. Harga per porsinya sekitar Rp 30.000.

2. Soto Bogor Pak Salam

5 Racikan Soto Tempo Dulu dari Kota Hujan yang Bikin NagihFoto: Istimewa

Foto: Instagram mrshelgaindra
Tak jauh dari Soto Kuning Pak Yusup, ada Soto Kuning racikan Pak Salam yang tak kalah tersohor. Kabarnya sudah ada sejak 1980-an dengan menu andalan berupa soto kuning aneka isian. Lokasinya juga sama-sama di gerobak.

Anda bisa mengisi semangkuk soto kuning dengan kikil, limpa, paru, daging, usus, atau babat sapi. Per potong daging/tetelan harganya Rp 13.000. Jangan lupa tambahan pelengkap yang beragam di sini. Mulai dari perkedel kentang hingga sate jengkol. Alamat lengkap Soto Bogor Pak Salam adalah Jl. Siliwangi 298.

3. Soto Santan Bang Ali

5 Racikan Soto Tempo Dulu dari Kota Hujan yang Bikin NagihFoto: Istimewa

Foto: Instagram _noname9088
Sejak 1975, Bang Ali menjajakan soto santan di Pasar Pejagalan kemudian pindah ke Jl. Bangbarung Raya. Rumah makannya ditandai spanduk kuning besar bertuliskan "Soto Santan Bang Ali - Asli" lengkap dengan foto dan keterangan "Sang Pelopor".

Soto santan di sini unik karena diberi sentuhan bumbu Aceh dengan rasa sedikit asam. Sementara isian soto berupa daging dan jeroan sapi. Semua isian tersebut digoreng terlebih dahulu hingga teksturnya agak garing. Selain siti santan, Bang Ali juga punya soto bening dan oseng. Semua harganya sama, mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 55.000 per porsi berdasarkan ukurannya.

4. Soto Mie Abeh

5 Racikan Soto Tempo Dulu dari Kota Hujan yang Bikin NagihFoto: Istimewa

Foto: Instagram melanyusuf
Tersebar di beberapa lokasi di Bogor, Soto Mie Abeh membuka kedai pertama di Perumahan Taman Yasmin. Soto mie di sini disukai karena kuah kaldu sapinya gurih segar. Isiannya juga lengkap berupa mie kuning, tomat, lobak, dan kol.

Tak ketinggalan kikil dan daging sapi serta risol/kroket garing berukuran besar. Kabarnya banyak orang menyukai risol di sini. Jodoh paling pas melahap soto mie tentu saja seporsi nasi hangat.

5. Soto Mie Agih

5 Racikan Soto Tempo Dulu dari Kota Hujan yang Bikin NagihFoto: Istimewa

Foto: Duniaicip-icip
Masih di kawasan Surya Kencana, ada Soto Mie Agih yang sudah hadir sejak 1965. Racikan soto mie di sini nonhalal karena menggunakan isian daging dan jeroan babi. Selain itu, ada babat yang lembut dan empuk di dalamnya.

Konon kuah soto mie di sini begitu bening dan menyegarkan. Harganya mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 60.000 untuk Soto Mie Jumbo Spesial. Menu lain yang ditawarkan adalah nasi campur, mie kocok, dan lomie.

Baca Juga: Bernostalgia Makan Siang di 5 Rumah Makan Legendaris Ini


Simak Video "Black Forest dan Opera Cake Legendaris yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)