Kuliner Legendaris Indonesia

Hangatkan Pagi dengan Sarapan Bubur Ayam Legendaris di 5 Tempat Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 14 Agu 2019 05:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Semangkuk bubur hangat paling enak untuk mengisi perut di pagi hari. Kalau mau coba racikan bubur ayam legendaris, mampirlah ke 5 tempat ini.

Banyak orang memilih bubur sebagai santapan untuk memulai hari. Racikannya komplet karena terdiri dari bubur nasi, topping suwiran ayam, hingga kerupuk. Kalau mau coba racikan bubur legendaris saat sarapan, 5 tempat berikut bisa jadi pilihan.

1. Bubur Ayam H. Jewo

Hangatkan Pagi dengan Sarapan Bubur Ayam Legendaris di 5 Tempat Ini Foto: Istimewa

Foto: Instagram virnif
Di kawasan Menteng ada bubur ayam H. Jewo yang konon sudah ada sejak 1985. Nama lain untuk tempat makan ini adalah Bubur Ayam Tanjung. Meski hanya gerobakan, bubur ayam di Masjid Cut Meutia ini selalu diantre pembeli.

Porsinya mungil namun puaskan selera dengan tekstur padat, kental, dan tidak terlalu gurih. Bubur ayam makin enak dengan suwiran ayam kampung, tambahan sate ati ampela, dan siraman sambal. Seporsi bubur ayam di sini harganya sekitar Rp 18.000.

Bubur Ayam H. Jewo
Jl. Taman Cut Mutiah No. 1, Menteng

2. Bubur Ayam Landmark

Hangatkan Pagi dengan Sarapan Bubur Ayam Legendaris di 5 Tempat Ini Foto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Kawasan Landmark terkenal dengan bubur ayam gerobakannya yang enak dan legendaris. Sudah sejak 1987, Alimin selaku pemilik bubur ayam Landmark berjualan di lokasi yang sama.

Bubur ayam ini sudah dijajakan sejak pukul 5.30pagi dan tak jarang habis sebelum pukull 9 pagi. Ciri khasnya adalah bubur dikemas dengan kertas minyak lalu ditambahkan emasan emping, kerupuk, suwiran ayam, kecap, hingga sambal. Harga per porsinya Rp 13.000 saja.

Bubur Ayam Landmark
Dekat Gedung Landmark, Sudirman, Jakarta Pusat

Baca Juga: Lembut Gurih Bubur Ayam Landmark Jadi Favorit di Kawasan Sudirman

3. Bubur Ayam Barito

Hangatkan Pagi dengan Sarapan Bubur Ayam Legendaris di 5 Tempat Ini Foto: Istimewa

Foto: Instagram momo.kuliner
Bubur Ayam Barito terkenal karena lokasinya di kawasan Barito, Jakarta Selatan. Buka sejak tahun 1992, namun bubur ayam di sini buka sore hari. Kalau mau sarapan, bisa menyambangi Bubur Ayam Barito di Depok yang buka pukul 7pagi.

Semangkuk bubur ayam di sini dilengkapi potongan ayam, cheese stick dalam jumlah banyak, dan cakwe. Kalau suka telur, bisa ditambahkan telur mentah sehingga menghasilkan tekstur bubur yang creamy gurih.

Bubur Ayam Barito
Soerabi Bandung, Jl. Margonda Raya No. 477, Beji, Depok
Telepon: 021 29402363

4. Bubur Ayam Cikini H. R. Suleman

Hangatkan Pagi dengan Sarapan Bubur Ayam Legendaris di 5 Tempat Ini Foto: Istimewa

Foto: Instagram fierzza
Populer dengan sebutan Burcik, bubur ayam racikan H. R. Sulaeman ini memang berlokasi di Cikini. Ada bubur ayam khas Cirebon yang patut dicicip. Racikan buburnya tidak menggunakan kuah namun gurih karena pemakaian kaldu ayam.

Yang khas, pengunjung bisa meminta tambahan kuning telur ayam kampung mentah untuk dicampur di bubur yang sudah ada sejak 1987 ini. Pelengkap lainnya adalah cakwe, potongan ayam, dan emping. Harganya sekitar Rp 22.000 per porsi.

Bubur Ayam Cikini H. R. Suleman
Jl. Cisadane No. 121, RT 09/RW 04, Cikini

Baca Juga: 5 Bubur Ayam Kaki Lima Enak dan Legendaris di Jakarta

5. Bubur Ayam Senopati

Hangatkan Pagi dengan Sarapan Bubur Ayam Legendaris di 5 Tempat Ini Foto: Istimewa

Foto: Instagram buburayamsenopati
Bubur ayam enak dan legendaris juga ada di Senopati. Namanya adalah Bubur Ayam Senopati yang berlokasi di depan Rai Fitness. Konon bubur ayamnya gurih kental karena dimasak dengan kaldu ayam, bukan MSG.

Harga per porsi Rp 20.000 sudah termasuk sate ati. Pilihan sate lainnya dalah sate usus, sate ampela, sate telur, dan sate kulit. Meski diracik tanpa kecap manis atau kecap asin, kabarnya rasa bubur ayam ini memang sudah enak.

Bubur Ayam Senopati
Jl. Senopati Raya, Senopati
Depan Rai Fitness

Simak Video "Gurih Laksa Bihun hingga Pedas Mee Goreng Mamak yang Menggoda"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)