Hati-hati! 5 Bahan Makanan di Dapur Ini Mudah Terbakar dan Meledak

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 15 Agu 2019 10:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bahan-bahan makanan di dapur ada juga yang mudah terbakar dan meledak. Mulai dari bawang putih, tepung terigu, hingga cabai.

Banyak kasus kebakaran yang terjadi, disebabkan karena makanan. Baru-baru ini remahan tempura, disebut sebagai penyebab dari kebakaran yang ada di restoran sushi di Madison, Wisconsin, Amerika Serikat.

Dilansir dari Foodbeast (14/08) ternyata ada beberapa makanan yang mengundang api, dan mudah terbakar.

Baca Juga: Waduh! Remahan Tempura Picu Kebakaran di Restoran Ini


1. Bawang Putih
Hati-hati! 5 Bahan Makanan di Dapur Ini Mudah Terbakar dan MeledakFoto: iStock

Sering dijadikan bumbu pokok dalam berbagai masakan. Bawang putih ternyata bisa menyulut api, hal ini karena bawang putih dikemas dengan minyak natural yang membuatnya matang dengan cepat saat ditrumis.

Namun percikan minyak dari bawang putih, membuat minyak di dalam wajan jadi ikut meletup, sehingga hal ini bisa berakibat fatal jika cipratan minyak terkena api. Untuk itu, tumis bawang putih secara perlahan dengan api yang tak terlalu besar.


2. Tepung Terigu

Hati-hati! 5 Bahan Makanan di Dapur Ini Mudah Terbakar dan MeledakFoto: iStock

Tepung terigu masuk ke dalam salah satu bahan makanan yang mudah meledak. Tepung terigu dan gula biasanya memiliki partikel yang bisa menyulut api, jika dimasukan ke dalam suhu panas tanpa tambahan minyak atau air.

Jadi hindari memasukan tepung terigu ke dalam wadah dengan suhu panas, sebelum dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti telur atau mentega. Kasus ledakan karena tepung terjadi di Hong Kong, setidaknya ada 20 remaja yang harus dilarikan ke rumah sakit karena pesta ulang tahun ini.

Baca Juga: Lempar Tepung Terigu Saat Pesta Ultah, 12 Remaja Dilarikan ke Rumah Sakit


3. Cabe

Hati-hati! 5 Bahan Makanan di Dapur Ini Mudah Terbakar dan MeledakFoto: iStock

Cabe sebenarnya tak berbahaya, hanya saja jika cabe digoreng menggunakan minyak panas dalam keadaan cabe yang utuh, dapat meningkatkan risiko percikan api. Ini disebabkan karena adanya tekanan di dalam cabe saat terkenal minyak panas, membuat percikan minyak bisa terkena api dan menyebabkan kebakaran

Jadi hindari mengisi terlalu penuh wajan dengan minyak, agar cipratan minyaknya tidak terkena api kompor, dan jauh lebih aman.


4. Bihun

Hati-hati! 5 Bahan Makanan di Dapur Ini Mudah Terbakar dan MeledakFoto: iStock

Bihun yang masih kering bisa dengan mudah tersulut api dan terbakar, karena makanan ini mengandung banyak hidrokarbon dan karbon. Ada kandungan lemak di dalam dua zat ini, yang membuatnya gampang terbakar.

Selain itu penyebab lain dari bihun kering yang mudah terbakar ini, karena bihun mengandung pati. Dari pati ini, terdapat zat karbon. Sehingga hindari menyimpan bihun kering dalam tempat dengan suhu yang panas.


5. Kayu Manis dan Keripik

Hati-hati! 5 Bahan Makanan di Dapur Ini Mudah Terbakar dan MeledakFoto: iStock

Rempah yang satu ini sering digunakan untuk memperkaya rasa dan aroma dari masakan. Tapi ternyata ada beberapa bagian yang membuatnya mudah terbakar. Mirip seperti tepung terigu, kayu manis ini bisa menimbulkan ledakan jika terlalu banyak terpapar udara.

Camilan berbahan dasar keripik, seperti Doritos, Cheetos, atau jenis lainnya ternyata juga mudah terbakar. Ini karena produk keripik biasanya memiliki banyak lemak, sehingga harus dihindari dari kompor, dan percikan api lainnya.

Baca Juga: Restoran Ini Terbakar Tapi Pengunjung Tetap Makan Minum Seperti Biasa

Simak Video "Cute Banget, Yakin Tega Makan Korean Flower Buttercream Ini?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)