Restoran Ini Terbakar Tapi Pengunjung Tetap Makan Minum Seperti Biasa

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 31 Mei 2019 12:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Jika tempat terlalap api, pastinya semua orang akan melarikan diri dengan panik. Tapi hal ini berbeda bagi para pengunjung restoran di Vietnam.

Berawal dari cuitan akun @ngaphambbc di Twitter (28/05), kejadian kebakaran di salah satu restoran yang berada di kota Hanoi, Vietnam, jadi viral di internet. Karena para pengunjung yang berada di sana tetap terlihat santai makan dan minum, meski bagian atas restoran sudah terlalap api.

Baca Juga: Heroik! Petugas Damkar Ini Gantikan Petugas Layan Antar Pizza
Restoran Ini Terbakar Tapi Pengunjung Tetap Makan Minum Seperti BiasaFoto: Istimewa

"Hanya di Vietnam, ketika kebakaran besar terjadi di lantai atas. Para pengunjung yang berada di lantai dasar, salah satu restoran dan tempat bir di Hanoi, tampak tidak terganggu dan terus melanjutkan aktivitas makan mereka seperti biasa. Api dilaporkan baru dapat dipadamkan satu jam kemudian, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, termasuk tidak ada bir yang terbuang," tulis Ngapham.

Cuitan ini berhasil menarik gelak tawa dari para netizen. Apalagi cuitan Ngapham lengkap dengan foto, berisi para pengunjung yang terus makan, meski restoran di bagian atas tengah mengalami kebakaran dan apinya cukup besar.

"Hanya di Vietnam, orang-orang lebih memilih melanjutkan makan dan minum bir mereka dibandingkan menyelamatkan diri dari kebakaran," respon salah satu netizen.
Restoran Ini Terbakar Tapi Pengunjung Tetap Makan Minum Seperti BiasaFoto: Istimewa

Sementara banyak juga yang mengkhawatirkan tentang kondisi restoran, dan keselamatan para pengunjung yang masih makan di bawah sana.

Menanggapi hal ini, Ngapham langsung memberikan informasi tambahan bahwa situasi di restoran tersebut sudah aman terkendali.

"Menurut media lokal di Vietnam, semua pengunjung langsung dievakuasi setelah foto ini diambil. Kemungkinan mereka dievakuasi dengan gelas bir yang ada di tangan mereka," sambung Ngapham.
Restoran Ini Terbakar Tapi Pengunjung Tetap Makan Minum Seperti BiasaFoto: Istimewa

Sementara menurut saksi mata yang berada di lokasi kejadian, api berawal dari lantai dua dari arah dapur, sementara bagian bawahnya masih dipenuhi pengunjung. Butuh waktu sekitar satu jam dan beberapa petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

Meski tidak ada korban jiwa, tapi banyak makanan dan benda-benda yang berada di restoran terbakar sehingga menimbulkan kerugian yang cukup besar.

Baca Juga: Cake Ulang Tahun Picu Kebakaran Bar di Prancis (sob/odi)