Cake Ulang Tahun Picu Kebakaran Bar di Prancis

Maya Safira - detikFood
Senin, 08 Agu 2016 11:57 WIB
Foto: iStock/Reuters
Jakarta - Perayaan ultah tentunya diharapkan jadi sesuatu yang istimewa. Namun dalam peristiwa tragis ini, kue ulang tahun telah menewaskan lebih dari 10 orang.

Reuters (06/08) melaporkan pada akhir pekan kemarin perayaan ulang tahun berubah tragis di sebuah bar populer kota Rouen, utara Prancis. Cake ulang tahun yang berhiaskan lilin dan kembang api menyebabkan kebakaran.

Menurut polisi Rouen, peristiwa berawal ketika cake ulang tahun jatuh ke lantai dan membakar karpet. Kebakaran terjadi di basement Cuba Libre bar. Kemudian dengan cepat apinya menelan seluruh ruang dimana ada 20 orang sedang melakukan perayaan.



Asap hitam tebal dan beracun pun memenuhi ruangan. Ada lebih dari 50 petugas pemadam kebakaran berusaha menangani api.

Kebakaran yang menyapu bar dalam waktu semalam itu mengakibatkan 13 orang tewas dan 6 lainnya luka-luka.

"Sejumlah besar orang yang meninggal, tewas akibat api. Lainnya karena asap beracun," ujar polisi tersebut kepada Reuters (06/08).

Salah seorang korban menderita luka bakar hampir 90 persen tubuhnya. Ia kini berada dalam kondisi kritis, tambah petugas.



Pada Sabtu pagi selepas kejadian, warga melihat jendela bar dan interior yang sudah menghitam.

"Tiba-tiba, semuanya lenyap. Kami melihat asap dan api, kursinya terbang dan jendela meledak," ucap Valerie Fouquet yang berada di teras bar saat kejadian.

Sementara itu, publik mengkhawatirkan kebakaran ada hubungan dengan serangan teroris. Kementerian Dalam Negeri Prancis mengatakan penyelidikan yudisial sedang berlangsung terkait kebakaran. Walikota Rouen, Yvon Robert, sendiri menyebut kejadian "benar-benar ketidaksengajaan". (msa/odi)