Waduh! Remahan Tempura Picu Kebakaran di Restoran Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 20 Jul 2019 07:06 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kebakaran bisa disebabkan banyak hal. Siapa sangka remahan tempura yang umum jadi pelengkap sushi juga bisa memicu munculnya api. Seperti apa kejadiannya?

Munchies Vice (19/7) melaporkan dua restoran sushi di Madison, Wisconsin, Amerika Serikat alami kebakaran sejak April 2019. Pihak pemadam kebakaran kota meyakini dua inisiden kebakaran itu disebabkan remahan tempura yang sudah digoreng kering. Biasanya remahan tempura jadi pelengkap sushi roll yang disajikan restoran.

Kabarnya tak ada korban jiwa dalam kebakaran yang terjadi pada 5 April 2019 di Sumo Steakhouse and Sushi Bar dan pada 10 Mei 2019 di Takara Japanese Restaurant. Hanya saja dua insiden itu menyebabkan kerusakan senilai USD 575.000 atau sekitar Rp 8 miliar.

Waduh! Remahan Tempura Picu Kebakaran di Restoran IniFoto: iStock

Baca Juga: Restoran Ini Terbakar Tapi Pengunjung Tetap Makan Minum Seperti Biasa

Pemilik Sumo Steakhouse sebelumnya sempat mendengar kalau remahan tempura bisa sebabkan kebakaran spontan, namun ia baru benar-benar percaya setelah melihat rekaman kamera pengawas yang memperlihatkan fakta itu.

"Pegawai restoran melaporkan tepung terigu (remahan tempura) itu rutin digoreng kering untuk penggunaan di beberapa menu sushi mereka," tulis Pemadam Kebakaran Madison dalam laporannya. "Setelah digoreng, remahan tempura itu dibiarkan untuk dikeringkan sekaligus didinginkan selama beberapa hari," lanjut mereka.

Waduh! Remahan Tempura Picu Kebakaran di Restoran IniFoto: iStock

Dalam kasus ini, remahan tempura menyala sendiri semalaman hingga memicu api yang sebabkan kebakaran restoran. Total kerugian yang dialami Sumo Steakhouse mencapai USD 250.000 atau sekitar Rp 3,4 miliar.

Pemadam Kebakaran Madison kemudian membuat peringatan resmi soal remahan tempura. Mereka meminta semua orang, dari chef profesional sampai rumah tangga, untuk memahami potensi bahaya remahan tempura ini.

"Minyak sayur, terutama minyak biji kedelai dan canola, dikenal dengan sifatnya yang bisa panas sendiri dalam situasi tertentu. Karena produk remahan dipanaskan selama proses memasak, lalu ditaruh di mangkuk atau saringan untuk didinginkan dan dikeringkan, kemampuan panas untuk menghilang akan terganggu. Kondisi ini bisa membuat lingkungan untuk api muncul," jelas pihak pemadam kebakaran.

Waduh! Remahan Tempura Picu Kebakaran di Restoran IniFoto: iStock

Baca Juga: Cake Ulang Tahun Picu Kebakaran Bar di Prancis

Selama investigasi ini, Pemadam Kebakaran Madison menemukan kebakaran lain terkait remahan tempura di Wisconsin, dan dua kejadian lain di tingkat nasional. Karenanya mereka menyarankan agar siapapun yang membuat remahan tempura sebaiknya menyebarkan remahan itu di baking sheet hingga dingin.

Hindari menaruhnya di mangkuk besi atau saringan yang bisa membuat panasnya terus terbentuk. Mereka juga menyarankan tidak meninggalkan remahan tempura semalaman di restoran tanpa pengawasan.



Simak Video "Redakan Gerah dengan Segarnya Rujak Es Krim Pakualaman"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)