Waduh! Foodies Rata-rata Habiskan Rp 46 Juta Per Tahun Untuk Jajan

Devi Setya - detikFood Rabu, 14 Agu 2019 14:35 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Orang yang hobi mencicip makanan dan nongkrong di kafe kekinian bisa dikategorikan sebagai foodies. Siapa sangka, para pencinta kuliner ini setiap tahunnya rela merogoh puluhan juta demi jajanan.

Dilansir dari Fox News (14/8) baru-baru ini ada penelitian terhadap 2.000 orang penggemar makanan. Ribuan foodies di Amerika Serikat ini dinilai lewat cara makan dan pilihan jajanan yang disantapnya setiap hari.
Waduh! Foodies Rata-rata Habiskan Rp 46 Juta Per Tahun Untuk JajanFoto: iStock

Baca juga : Tagihan Makan Malam Pelanggan Capai Rp. 900 Juta, Restoran Shanghai Ini Viral

Survei yang dilakukan oleh OnePoll dan Blue Diamond Almonds mengungkap ada empat dari 10 pencinta makanan yang rela menghabiskan $ 51 (Rp 725 ribu) per minggu untuk beli jajanan. Jika dirata-rata, foodies menghabiskan sekitar $ 3.300 (Rp 46,9 juta) dalam setahun.

Selain soal alokasi dana untuk jajan, survei ini juga menilai beberapa kelas foodies. Sebanyak 48 persen foodies doyan jajan karena memiliki pasangan yang juga suka makan, ada 45 persen foodies senang mencoba kuliner baru, 44 persen foodies memilih memasak sendiri dan 41 persen foodies suka makan karena ingin mengetahui lebih dalam seputar santapannya.

Seorang pencinta makanan juga dibedakan berdasarkan kegemarannya. Ada foodies yang hanya hobi makan dan mencicip aneka makanan namun ada juga yang lebih memilih mencoba memasak sendiri di rumah.

Kecenderungan hidup boros biasanya dominan pada foodies yang hanya suka mencicip makanan. Mereka tak akan ragu mengeluarkan sejumlah uang demi bisa menjajal kuliner baru yang sedang menjadi tren.
Waduh! Foodies Rata-rata Habiskan Rp 46 Juta Per Tahun Untuk JajanFoto: iStock

Baca juga : Dari 3 Tipe Tukang Makan Ini, Mana yang Kamu Banget?

Lebih dari setengah peserta yang mengikuti survei ini mengaku tidak takut mencoba aneka makanan jenis baru. Soal gender, ternyata wanita adalah yang paling banyak penasaran dengan rasa makanan baru.

"Kita semua tahu kalau kegiatan ngemil jadi salah satu cara yang digunakan orang untuk memancing kreativitas. Rasa makanan yang unik membuat orang merasa mampu berpikir lebih kreatif. Ngemil juga bukan sekadar mengisi perut yang lapar," kata Eric Tinson dari Blue Diamond.

Simak Video "Foodies! Bakal Ada Pesta Kuliner Berhadiah Mobil Nih"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)