Dear Pembeli, 4 Sikap Menyebalkan Ini Tak Disukai Para Barista Lho

Devi Setya - detikFood Selasa, 13 Agu 2019 16:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Barista memang bekerja sebagai peracik kopi, mereka tak sungkan berbagi cerita namun ada juga hal yang membuatnya jengkel. Apa saja?

Para barista akan senang mendapat pesanan kopi yang sesuai selera. Tapi ada juga beberapa permintaan pembeli yang justru bikin barista kesal dan mengganggu konsentrasi saat membuat kopi.

Dilansir dari Insider (13/8) berikut beberapa permintaan pembeli yang bikin barista jengkel.

1. Minta latte atau cappucino ekstra panas
Dear Pembeli, 4 Sikap Menyebalkan Ini Tak Disukai Para Barista Lho Foto: iStock

Setiap orang memiliki selera berbeda saat menikmati kopi panas. Ada yang suka kopi hangat, namun ada yang merasa nikmat kalau kopinya ekstra panas.

Barista ternyata tak suka kalau ada pembeli yang memesan segelas latte atau cappucino ekstra panas. Padahal susu yang dipanaskan berlebih akan menghasilkan rasa gosong sementara bubuk kopi yang terkena panas berlebih justru akan kehilangan aroma dan rasanya. Alhasil, kopi justru terasa hambar.


2. Mendengar keluhan harga
Dear Pembeli, 4 Sikap Menyebalkan Ini Tak Disukai Para Barista Lho Foto: iStock

Pexels Garret Oden, barista sekaligus pengajar kopi di JavaPresse Coffee Co., mengatakan ia paling kesal dengan pembeli yang mengeluh soal harga kopi di kafe. Apalagi jika bertemu pembeli yang membandingkan harga kopi di kafe dengan di kedai kopi biasa.

Saran para barista, agar tahu kisaran harga kopi cobalah datangi beberapa kafe agar bisa membuat perbandingan. Mengeluh soal harga kopi di depan barista sama saja seperti meremehkan kualitas kopi yang disajikan barista.

3. Tidak sabaran
Dear Pembeli, 4 Sikap Menyebalkan Ini Tak Disukai Para Barista Lho Foto: iStock

Barista akan meracik kopi sesuai pesanan, hal ini membuat pengunjung harus sabar menunggu. Selagi kopi dibuat, barista tak suka jika pembelinya bawel dan tak sabaran.

Barista sekaligus blogger Becky Beach mengatakan membuat kopi untuk pembeli yang tak sabar sama saja seperti mimpi buruk. Terlebih lagi jika pembeli kopi memesan kopi dengan pesanan khusus.

"Saya pernah punya pelanggan yang minta minumannya dibuat ulang karena ada 'setitik' busa di atas kopinya. Ini menyebalkan," kata Beach.

4. Pelanggan yang mengira espresso selalu siap saji
Dear Pembeli, 4 Sikap Menyebalkan Ini Tak Disukai Para Barista Lho Foto: iStock

Barista membutuhkan waktu beberapa menit untuk membuat espresso. Kopi ini dibuat dadakan jadi pembeli harus menunggu ketika memesan segelas espresso.

"Beberapa orang berpikir espresso selalu tersedia dan siap untuk dikonsumsi. Padahal kami juga butuh waktu untuk membuat espresso," kata Milos yang bekerja sebagai barista.

Kalau memang terburu-buru, coba minta rekomendasi barista agar bisa dipilihkan minuman yang cepat diolah. Barista paling tak suka kalau diburu-buru saat membuat kopi beberapa proses membutuhkan jangka waktu tertentu.

Baca juga : Ini Lho 9 Hal yang Bikin Barista Sebal pada Pengunjung

Simak Video "Nongkrong di Kafe Cantik sambil Menyeruput Es Kopi Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)