5 Sikap Pengunjung Coffee Shop Yang Paling Bikin Sebal Barista

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 09 Des 2018 09:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Para barista mengungkap perilaku pengunjung yang paling bikin mereka kesal. Mulai dari tidak tahu mau pesan apa sampai terlalu banyak bertanya.

Menjadi seorang barista tidaklah mudah. Mereka dituntut untuk sigap melayani pengunjung hingga bersikap ramah setiap harinya. Tak heran rutinitas ini membuat mereka paham sikap-sikap pengunjung seperti apa yang membuat mereka kesal. Dikutip dari Reader's Digest, inilah 5 sikap pengunjung coffee shop yang paling bikin barista kesal.

1. Tidak tahu pesan apa

5 Sikap Pengunjung Coffee Shop Yang Paling Bikin Sebal BaristaFoto: iStock

Tak jarang pengunjung meghampiri barista tanpa tahu mau pesan apa. Padahal pengunjung bisa menyisihkan waktu sebelumnya untuk memastikan minuman apa yang akan dipesan.

"Mereka berdiri di antrean selama 15 menit untuk menunggu, memikirkan mau pesan minuman apa, dan saat mereka di depan kasir mereka masih melihat menu seperti baru pertama kali melihatnya," kata Alyssa, manajer gerai coffee shop. Ia menyarankan agar pengunjung sudah tahu benar menu apa yang diinginkannya sebelum tiba di depan kasir.

2. Bertanya banyak hal

5 Sikap Pengunjung Coffee Shop Yang Paling Bikin Sebal BaristaFoto: Istimewa

Bukan hanya galau memilih minuman apa yang akan dipesan, beberapa pengunjung menanyakan komposisi bahan pembuatan minuman tersebut. Misalnya meminta barista menjelaskan komposisi kopi dan susu pada sebuah minuman kopi.

"Saya mengerti menu Starbucks sedikit membingungkan dan Anda tidak tahu semuanya, tapi ada beberapa hal yang bisa Anda cari tahu, kata Emily selaku barista Starbucks di Pennsylvania. Lebih parahnya lagi, setelah barista menjawab pertanyaan, pengunjung seolah tak peduli dan kembali memesan minuman andalannya.


3. Memegang ponsel

5 Sikap Pengunjung Coffee Shop Yang Paling Bikin Sebal BaristaFoto: Istimewa

Barista juga kesal karena rata-rata pengunjung tetap memegang ponsel saat sedang memesan. Padahal mereka berharap komunikasi dua arah terjadi.

Hal ini untuk memastikan pengunjung memesan menu sesuai keinginannya dan tak ada yang salah. "Saya tak tahan ketika pengunjung tetap memegang ponsel saat memesan, kata barista bernama Katy. "Selalu sulit untuk mencari tahu sebenarnya mereka berbicara dengan siapa," lanjutnya.

4. Tak siapkan uang

5 Sikap Pengunjung Coffee Shop Yang Paling Bikin Sebal BaristaFoto: iStock

Terkesan sepele, menyiapkan uang atau kartu alat pembayaran penting sebelum Anda memesan menu pada barista. Jangan sampai ketika sampai pada giliran memesan, pengunjung masih sibuk mencari uang

Alyssa mengatakan, "Usai kami mencatat semua pesanan pengunjung, mereka ternyata masih habiskan waktu 2 menit untuk merogoh kantung atau dompet untuk mencari uang. Ini menyebalkan." Hal ini juga berdampak pada antrean pengunjung saat jam-jam ramai.

5. Meminta bahan yang tak ada

5 Sikap Pengunjung Coffee Shop Yang Paling Bikin Sebal BaristaFoto: iStock

Ada saatnya coffee shop kekurangan bahan untuk menyiapkan minuman atau makanan. Namun tak jarang pengunjung tetap memaksakan ingin mencicip menu tersebut.

"Kami di sini untuk memberi pelayanan, dan jika kami tidak punya sesuatu yang Anda inginkan, Anda bisa bertanya tapi setelah itu Anda masih memberi sikap menjengkelkan," kata barista bernama Luis yang kesal dengan tipe pengunjung seperti ini. Padahal menurutnya momen ini bisa jadi alasan bagi pengunjung untuk mencoba varian menu baru.





Tonton juga ' Kopi Fatmawati , Seruput Kopi dengan nuansa laut Batam ':

[Gambas:Video 20detik]

(lus/odi)