Dengan Sendok Antitumpah Ini, Penderita Parkinson Bisa Makan Sendiri

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 12 Agu 2019 18:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Makan pakai sendok bukan perkara sulit, tapi tidak bagi penderita parkinson. Sendok antitumpah bernama Liftware pun hadir untuk mengatasi hal itu.

Orang-orang dengan gangguan gerak seperti penderita parkinson, cerebral palsy, penyakit Huntinton's, hingga pasca stroke mengalami kesulitan saat harus beraktivitas sehari-hari. Tak terkecuali dalam urusan makan. Penggunaan alat makan biasa akan membuat proses makan jadi berantakan.

Hal ini karena sendok atau garpu biasa tak bisa menyesuaikan gerakan tak terduga dari mereka yang mengalaminya. Berangkat dari masalah ini, perusahaan Liftware memproduksi sendok antitumpah yang dilengkapi teknologi canggih.

Dengan Sendok Antitumpah Ini, Penderita Parkinson Bisa Makan SendiriFoto: Istimewa

Bentuk sendoknya memang biasa, namun dilengkapi stabilisator yang memungkinkan sendok tetap kukuh meski dipegang secara tidak stabil. Sendok 'pintar' ini memiliki teknologi komputer bawaan yang akan mengamati sinyal gerak yang terdeteksi sensor tremor, ungkap Teknologi.id (12/8).

Sendok lalu akan melawan getaran dengan bergerak ke arah yang berlawanan. Hasil uji coba menemukan sendok Liftware mampu mengurangi hingga 70% kesulitan makan akibat tremor atau gemetar.

Baca Juga: Dua Siswi Asal Kanada Ciptakan Alat Makan Canggih Pendeteksi Nutrisi

Dengan Sendok Antitumpah Ini, Penderita Parkinson Bisa Makan SendiriFoto: Istimewa

Terdapat dua jenis sendok antitumpah ini yaitu Steady dan Liftware. Untuk varian Steady ditujukan bagi mereka yang tingkat tremornya lebih rendah. Di mana penderita masih bisa memegang sendok dan mengarahkannya ke mulut secara mandiri.

Sementara varian Liftware cocok untuk mereka yang tidak bisa memegang sendok sama sekali. Alat ini mampu menekuk pegangan dengan sendirinya dan menyesuaikan gerakan sendok dengan posisi mulut.

Kepada medgagdet (12/8), Anupam Pathak selaku pendiri Liftware mengungkap inspirasinya dalam membuat sendok canggih ini. "Sebagai seorang mahasiswa teknik, saya memiliki minat dalam menerapkan keterampilan yang saya kembangkan untuk membantu orang. Studi pascasarjana saya berfokus pada jenis bahan baru yang pada akhirnya dapat digunakan untuk menstabilkan gerakan yang tidak diinginkan (untuk kamera, peralatan sensitif, dll.)," katanya.

Dengan Sendok Antitumpah Ini, Penderita Parkinson Bisa Makan SendiriFoto: Istimewa

Ia menambahkan, "Setelah menyelesaikan sekolah pascasarjana, saya mulai berpikir tentang bagaimana jenis teknologi ini dapat membantu penyandang cacat tertentu." Akhirnya pada tahun 2010 ia membuat Liftware yang khusus membantu mereka penyandang tremor.

Sejak 2014 perusahaan Liftware telah diakuisisi Verily. Dampaknya mereka bisa meningkatkan kualitas Liftware Steady dan mengurangi biaya hingga sepertiga, juga mengembangkan dan meluncurkan Lifware. Sudah ada ribuan pengguna Liftware yang tersebar hingga ke Jepang dan Kanada.

Baca Juga: Pakai Kode QR, Piring Cantik Ini Hadirkan Pesan Menohok Saat Anda Memotretnya




Simak Video "Masak Masak: Resep Roti Sobek Warna-warni"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)