Mau Bikin Sate di Rumah? Ini Peralatan yang Penting Disiapkan

Riska Fitria - detikFood Jumat, 09 Agu 2019 18:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Saat Idul Adha ada tradisi membuat membakar sate bersama keluarga. Sebelum membuat sate ada beberapa hal penting yang perlu disiapkan.

Dapat daging kurban paling enak dinikmati bersama dengan cara dibakar menjadi sate. Biasa dilakukan beramai-ramai dengan sanak saudara hingga tetangga. Untuk membakar sate tentunya ada alat-alat yang perlu disiapkan. Berikut alat-alat tersebut beserta tips menggunakannya.

1. Alat Pemanggang
Mau Bikin Sate di Rumah? Ini Peralatan yang Penting Disiapkan Foto: iStock

Alat untuk memanggang sate menjadi hal paling utama untuk disiapkan. Biasanya alat pemanggang terbuat dari bahan aluminum bentuk persegi panjang untuk tempat menaruh arang dan ditutup dengan pamggangan sebagai tempat meletakkan sate.

Pastikan alat tersebut memiliki tempat penampung arang yang lumayan besar agar bisa menaruh arang lebih banyak arang. Kemudian perhatikan api agar jangan terlalu dekat dengan tempat menaruh sate supaya tidak gosong. Praktisnya lagi, Anda juga bisa gunakan alat pemaanggan gas yang praktis dan minim asap.

2. Arang
Mau Bikin Sate di Rumah? Ini Peralatan yang Penting Disiapkan Foto: iStock

Agar sajian sate bakar lebih beraroma dan lebih lezat disarankan untuk menggunakan arang yang terbuat dari batok kelapa atau arang kayu. Selain bisa memberikan citarasa yang berbeda, penggunaan arang batok kelapa juga lebih tahan panas dan suhunya pun stabil. Karenanya sate menjadi cepat matang.

Anda bisa pilih arang yang memiliki ukuran sedang hingga besar. Jika Anda menginginkan api yang lebih besar lagi, Pilih arang batok kelapa agar dapatkan api arang yang lebih tahan lama dan panas.

Baca Juga : 7 Cara Bikin Sate Kambing Empuk dan Enak, Kamu Bisa Coba!

3. Tusuk Sate
Mau Bikin Sate di Rumah? Ini Peralatan yang Penting Disiapkan Foto: iStock

Tusuk sate ada dua macam, yang terbuat dari bambu dan juga yang terbuat dari besi. Itu bisa digunakan sesuai kebutuhan. Memilih tusuk sate juga tak bisa sembarangan. Perlu disesuaikan dengan jenis daging yang akan ditusuk.

Untuk daging kambing yang teksturnya lebih tebal, disarankan untuk menggunakan tusuk sate dari bilah bambu yang lebar. Sedangkan untuk daging sapi gunakan tusuk bambu yang lebih pipih. Sebelum tusuk sate digunakan, rendam terlebih dahulu agar bersih dan lembap sehingga tak mudah terbakar.

4. Kipas
Mau Bikin Sate di Rumah? Ini Peralatan yang Penting Disiapkan Foto: iStock

Supaya cepat masak, sate yang berjejer di alat pemanggang lebih baik dikipasi. Biasanya agar praktis banyak orang yang lebih memilih menggunakan kipas angin. Bisa juga menggunakan kipas yang terbuat dari anyaman bambu.

Mengipasi sate akan membantu api pada arang tetap stabil sehingga membuat sate cepat panjang. Disarankan untuk memilih kipas bambu yang memiliki pegang kuat dan kipasnya lebar, agar angin yang dihasilkan juga lebih besar lagi.

Baca Juga : Nanas hingga Jahe, Bahan Alami Untuk Kurangi Aroma Tajam Daging Kambing

Simak Video "Gurih Nikmat Sate Kambing Batibul di Tegal"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com