7 Cara Bikin Sate Kambing Empuk dan Enak, Kamu Bisa Coba!

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 07 Agu 2019 11:00 WIB
Cara membuat sate kambing empuk dan enak. Foto: dok. detikFood
Jakarta - Saat Idul Adha, daging kambing selalu jadi primadona. Salah satunya adalah sate. Mau tahu? Ini dia cara bikin sate kambing empuk dan tidak bau. Yuk!

Kunci kesuksesan sate kambing yang enak adalah tekstur dagingnya yang empuk dan tak ada bau prengus. Beberapa orang membuat daging lebih empuk bisa dengan berbagai cara misalnya saja dengan bantuan nanas atau pun pemilihan daging kambingnya.

Racikan bumbu sate kambing yang umum adalah bawang putih, bawang merah, jeruk limo, dan garam.

Mau bikin sate kambing yang enak? Berikut ini cara bikin sate kambing empuk dan tidak bau yang dilansir detikFood dari beberapa sumber:

1. Pilih Daging Kambing Yang Tepat

Jenis dari kambing yang digunakan juga berpengaruh terhadap keempukan sate. Daging kambing betina dengan usia antara 4-6 bulan. Biasanya daging kambing betina memiliki serat yang lebih halus. Kambing betina juga dagingnya lebih banyak kandungan lemak sehingga enak dibuat menjadi sate.


2. Cara Pemotongan Daging

Cara membuat sate kambing empuk dan enak adalah salah satunya memperhatikan cara pemotongan daging. Untuk sate sebaiknya ambil daging bagian paha belakang, punggung atau has dalam karena bagian ini biasanya memiliki tekstur yang lebih empuk.

Lihat alur serat daging dan iikuti arah serat ketika memotong daging. Buang urat atau lapisan tipis berwarna putih pada daging. Lemak atau gajih bisa dicampur agar rasa daging kambingnya lebih gurih.

7 Cara Bikin Sate Kambing Empuk dan Enak, Kamu Bisa Coba!Tips bikin sate kambing empuk dan enak. Foto: iStock

3. Jangan Cuci Daging

Menurut beberapa penjual sate kambing, sebaiknya biarkan daging kambing tak dicuci sebelum diolah. Alasannya, proses pencucian daging ini dapat membuat daging teksturnya alot dan aromanya tak sedap sehingga merusak kualitas.

4. Tambahkan Nanas

Cara membuat sate kambing empuk dengan nanas juga bisa dilakukan. Nanas mengandung bahan alami yang dapat berfungsi sebagai pengempuk dan mengilangkan bau daging kambing.

5. Beri Bumbu

Agar daging kambing tidak berbau prengus bisa dicampurkan dengan bumbu aromatik. Bumbunya adalah daun jeruk, bawang putih, atau ketumbar. Rendam daging kambing dalam racikan bumbu tersebut. Tak hanya bisa menutupi aroma prengus tetapi juga bisa menciptakan rasa yang gurih dan enak.

Ketika membakar sate, bisa juga diberi bumbu olesan. Racikan bumbunya yakni jahe, bawang putih, dan kecap.

Proses pemanggangan sate kambing.Proses pemanggangan sate kambing. Foto: dok. detikFood

6. Proses pemanggangan

Dalam satu tusuk sate, kamu bisa mengisinya dengan 3 potong daging dan 1 selipan lemak. Celupkan sate ke dalam bumbu yang terdiri dari bumbu kacang, kecap, dan air kaldu.

Bakar daging dengan bara api sedang sampai setengah matang. Kemudian celupkan lagi ke dalam bumbu. Lanjutkan bakar sampai satenya matang ya.

7 Cara Bikin Sate Kambing Empuk dan Enak, Kamu Bisa Coba!Pelengkap sate kambing enak. Foto: Dok. detikFood

7. Pelengkap Sate

Cara bikin sate kambing empuk dan enak salah satunya adalah dengan menambahkan pelengkap. Sate kambing biasanya disajikan dengan bumbu kecap. Cara membuatnya adalah dengan mengiris cabai, bawang merah, bawang goreng, serta jeruk limau.

Selain itu, sate kambing juga bisa dicampurkan dengan bumbu kacang. Racikan bumbu sate kambing berupa bumbu kacang bisa kamu buat.

Racik bumbu kacang dengan menumis bawang putih dan cabai giling. Kemudian masukkan kacang giling, air, daun salam, dan serai. Tambahkan juga gula merah dan garam. Bumbu kacang dapat dinikmati bersama pelengkap kecap, lada, bawang goreng, dan jeruk limau.

Kalau tertarik bikin sate kambing setelah Idul Adha, yuk coba cara bikin sate kambing empuk dan enak dari detikFood ini!




Simak Video "Undur-undur Crispy, Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)
d'Mentor
×
Trik Dapur Ngebul Hendy Setiono
Trik 'Dapur' Ngebul Hendy Setiono Selengkapnya