5 Sarapan Nikmat Orang Makassar, Ada Bassang hingga Songkolo

Devi Setya - detikFood Jumat, 09 Agu 2019 05:30 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Kuliner Makassar memang tak ada tandingannya. Menu camilan hingga makanan berat khas Makassar tak pernah gagal menggoda, termasuk menu sarapannya.

Di Makassar, masyarakat biasa menyantap coto dan pallubasa namun selain dua hidangan ikonik ini ada juga sarapan lainnya. Ada bubur jagung pulut yang disebut Bassang hingga Taripang yang mirip gemblong.

Berikut 5 menu sarapan khas masyarakat Makassar. Mana yang paling menggoda?

1. Bassang
5 Sarapan Nikmat Orang Makassar, Ada Bassang hingga SongkoloFoto: istimewa

Menu sarapan yang satu ini terbilang klasik dan mulai sulit ditemui. Bassang adalah sajian bubur yang dibuat dari jagung pulut. Selain jagung, bassang juga dibuat dari campuran tepung terigu, air, gula dan garam.

Bubur jagung ini punya rasa manis dan tekstur lembut kenyal. Biasanya bassang mudah ditemui pagi hari di pedagang tradisional yang berkeliling menggunakan gerobak.

Baca juga : Gurih Sedap Aneka Seafood khas Makassar Ada di 5 Resto Terkenal Ini

2. Songkolo
5 Sarapan Nikmat Orang Makassar, Ada Bassang hingga SongkoloFoto: istimewa

Songkolo atau sokko jadi pilihan menu sarapan masyarakat yang tak bisa makan dalam jumlah banyak. Kudapan ini punya porsi sedang sehingga tak membuat perut merasa penuh.

Untuk membuat songkolo, biasanya membutuhkan beras ktan putih atau hitam yang dikukus hingga matang. Pelengkapnya ada ikan teri asin, telu hingga sambal yang ditumis.

3. Buroncong
5 Sarapan Nikmat Orang Makassar, Ada Bassang hingga SongkoloFoto: istimewa

Mirip seperti kue pancong, buroncong ini mudah ditemui di sepanjang jalan di Makassar. Buroncong terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur kelapa muda dan santan.

Buroncong jadi buruan banyak orang ketika pagi hari. Kue ini paling nikmat disantap saat masih hangat.

4. Taripang
5 Sarapan Nikmat Orang Makassar, Ada Bassang hingga SongkoloFoto: istimewa

Bagi masyarakat Makassar, taripang jadi salah satu jajanan pasar paling menggoda. Kue manis ini sekilas tampak seperti gemblong namun dengan bentuk yang lebih lonjong.

Bahan utama untuk membuat taripang yakni tepung beras yang diuleni dengan tambahan air. Taripang dimatangkan dengan cara digoreng. Saat masih panas, taripang dibalur karamel dari lelehan gula merah.

Baca juga : Ini 3 Ikan Makassar Paling Populer, Makin Enak Dimakan Bersama Sambal Khasnya

5. Coto Makassar
5 Sarapan Nikmat Orang Makassar, Ada Bassang hingga SongkoloFoto: istimewa

Nah kalau mau sarapan yang lumayan berat bisa pilih coto Makassar. Sebagai makanan ikonik dari Kota Daeng, penjual coto sudah membuka kedainya bahkan sejak pagi hari.

Makan coto Makassar paling nikmat dengan pelengkap buras. Dijamin super kenyang kalau sarapan dengan semangkuk coto. Sluuurp!



Simak Video " Yuk! Cobain Bakso Tertua di Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com